Stay in touch
Subscribe to our RSS!
Oh c'mon
Bookmark us!
Have a question?
Get an answer!

Alat Peraga untuk SPL dan SPtdL satu dan dua variabel

1 komentar
Malam senin ya, yang mau UKK besok semangat ya!!
Sekedar sharing nich, ada alat peraga yang bisa di gunakan dalam pelajaran Sistem Persamaan Linier dan Sistem Pertidaksamaan Linier satu variabel maupun dua variabel. Contohnya adalah sebagai berikut:


Gambar di atas adalah alas dimana terdapat grafik cartesius sebagai alat yang utama harus ada. Anda bisa membuat seperti yang di atas dengan bahan yang sangat murah, pengen tau??
1. siapkan kertas lalu buat grafik di Microsoft word terlebih dahulu lalu print
2. Siapkan kardus bekas dan kertas kado agar lebih menarik dan rapi.
3. Tempelkan kertas tersebut ke kardus yang sudah di lapisi kertas kado
4. Jika ingin lebih mewah, anda bisa mencari bahan sendiri. mungkin triplek dan lain-lain






Gambar di atas digunakan sebagai garis lurus untuk menentukan persamaan dan pertidaksamaan. Ini adalah bahan sederhananya.:
1. Tusuk sate atau lidi yang di potong 10-15 cm, harus lurus.
2. kertas kado, kertas kado ini untuk menunjukan arsiran. bisa ke bawah ataupun ke atas tergantung tanda >, >= dan <, <= sebagai lambang pertidaksamaan.
3. Spidol, untuk lidi yang tidak berspidol itu artinya tanda persamaan sedangkan yang bergaris putus-putus adalah menunjukan tanda pertidaksamaan
4. yang hanya lidi saja digunakan untuk menunjukan satu variabel
5. Untuk yang lebih mahalnya, anda bisa cari sendiri mungkin bisa pakai besi kecil




Nah, ini yang membuat asyik permainan. di kocok-kocok seperti arisan. siswa di suruh maju, lalu mengocok agar keluar satu kertas dimana siswa harus menjawab dengan mempraktekan dengan alat dua gambar di atas. cukup sediakan gelas dan kertas-kertas yang bisa berisikan 2x=4, 3x+2=5, 3y + 4 < 13 ataupun 4x - 1 >=3.

Mudah-mudahan anak murid cepat paham dengan alat peraga ini tentang materi SPL dan SPtdL
Alat peraga ini di buat satu hari saat harus maju micro teaching materi kelas 12 semester 1.
Semoga Bermanfaat


Share/Bookmark

1 komentar:

  1. Terima kasih alat peraganya hanya memberi contoh soal yg variabelnya positif saja. Bgmn kalau kita memperagakan contoh soal yg bervariabel negatif. -2x=4, -3x+2=5, -3x+4<13, -4x-1>=3. Kemungkinan untuk siswa menjawabnya ber-beda2

    BalasHapus

Lee Jong Seok

Lee Jong Seok
Saranghae Emesayap.....^_^

Total Tayangan Halaman