Analisis Butir soal dengan menggunakan Iteman Versi 3.0
Siang sahabat bluestoking semua....
sedikit mendung di daerah ciledug ya, tapi harus tetep semangat!!
yang sedang semester 8 pasti sibuk dengan penelitian skripsinya, begitu juga dengan Merry.
Mungkin banyak mahasiswa sedang mencari bagaimana menganalisis soal entah untuk mengukur validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda.
Nah waktu itu di IAIN Syekh Nurjati Cirebon diadakan workshop tentang analisis tes dan non tes, kebetulan saya mengikutinya dan dapat ilmu baru di workhop tersebut.
Sebenarnya banyak sekali analisis butir soal yang sudah ada, tapi mahasiswa mungkin hanya mengenal program excel, SPSS dan anates dan mungkin akan merasa aneh dengan program ITEMAN.
item yang bisa diartikan hitam ini juga programnya berwarna hitam.. hehe...
tapi bukan itu artinya loch!!!
ITEMAN kepanjangan dari ITEM AND TEST ANALYSIS yang merupakan perangkat lunak (software) yang dibuat melalui bahasa pemrograman komputer dan dibuat khusus untuk analisis butir soal dan tes. Hasil analisis meliputi: tingkat kesukaran butir soal, daya pembeda soal, statistik sebaran jawaban, kehandalan/reliabilitas tes, kesalahan pengukuran (standar error), dan distribusi skor serta skor setiap peserta tes. Dikembangkan oleh Assessment Systems Corporation mulai tahun 1982 dan mengalami revisi pada tahun 1984, 1986, 1988, dan 1993; mulai dari versi 2.00 sampai dengan versi 3.50.
Untuk Download software ITEMAN ini, anda klik link di bawah ini:
DOWNLOAD DI SINI
Software ini tidak usah di instal lagi, tinggal double klik untuk menggunakan.
sebelum menggunakan iteman ini, kita terlebih dahulu memasukkan data hasil tes objektif dari siswa ke dalam aplikasi notepad (setiap komputer maupun laptop sudah tersedia aplikasi ini tinggal klik star menu - accecories - notepad), langkah memasukkan data adalah sebagai berikut:
030 o N 04
cbbacbbdcccbcaddacdcabbdbcaabb
444444444444444444444444444444
YYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYY
001 bbcacbcaaccdacdcdcdcabbdbcabab
002 cbbacbcddccbbaddacdcabbdccaabb
003 cbaccbddacdcacddccacbdcbacabba
004 cbcadbcaadccccdddcdaccacaaacdb
o adalah omit digunakan untuk jawaban kosong
N adalah butir soal yang belum dikerjakan
04 jumlah identitas siswa yang dilambankan dengan 001 dan seterusnya jadi terdapat 3 karakter dan 1 spasi jadi di tulis 04
2. pada baris ke dua adalah kunci jawaban tes
3. pada baris ke tiga adalah alternative jawaban soal dalam pilihan ganda karena ini SMP maka hanya 4 alternatif soal, maka di ketik 4 sebanyak 30 soal sesuai jumlah soal tes yang diberikan pada siswa
pada baris ke empat adalah
4. Pada baris ke empat adalah Y yang artinya Yes untuk butir soal yang di analisis dan ketik N = No untuk soal yang tidak di analisis. dan disini saya menganalisis 30 soal tersebut jadi ketik Y sebanyak 30 kali.
5. pada barik ke 5 adalah
001 untuk memberi identitas siswa.dan selanjutnya adalah jawaban siswa dalam menjawab 30 soal tersebut hingga seterusnya sama sampai berapa siswa yang ikut tes tesebut
kemudian save notepad tersebut dengan nama (misal tes) sehingga akan menjadi tes.txt
pindahkan tes.txt tersebut pada satu folder yang terdapat software ITEMAN.EXE nya.
setelah itu buka program ITEMANnya:(dengan double klik)
maka kan muncul gambar seperti ini:
akan muncul enter the name of the input file: tes.txt (yang sesuai dengan notepad yang tadi di buat)
ingat jangan lupa ketik .txt nya agar lebih memudahkan mencari data
kemudian enter lalu akan muncul
akan muncul enter the name of the output file: hasilku.txt (misalnya karena nama terserah kalian)
ingat jangan lupa ketik .txt nya
kemudian enter lagi akan muncul
akan muncul do you want the scores written to a file?
maksudnya apakah anda ingin menskor hasil tiap siswa?
jika Ya ketik Y
tapi jika tidak ketik N
Kali ini saya ketik Y karena saya ingin tau nilai masing-masing siswa
enter kembali, maka akan muncul
enter the name of the score file: nilai siswa.txt (misalnya)
jangan lupa .txt nya kawan!!
terus enter lagi.. maka program tadi akan hilang otomatis itu berarti proses sudah selesai.
sekarang buka folder yang terdapat ITEMAN.EXE dan tes.txtnya. pasti akan muncul hasilku.txt dan nilai siswa.txt.
jika di double klik hasilku txt maka akan muncul data seperti berikut:
MicroCAT (tm) Testing System
Copyright (c) 1982, 1984, 1986, 1988 by Assessment Systems Corporation
Item and Test Analysis Program -- ITEMAN (tm) Version 3.00
Item analysis for data from file latihan1.txt Page 1
Item Statistics Alternative Statistics
----------------------- -----------------------------------
Seq. Scale Prop. Point Prop. Point
No. -Item Correct Biser. Biser. Alt. Endorsing Biser. Biser. Key
---- ----- ------- ------ ------ ----- --------- ------ ------ ---
1 0-1 0.160 0.957 0.635 1 0.240 -0.047 -0.034
2 0.360 -0.103 -0.080
3 0.160 0.957 0.635 *
4 0.240 -0.579 -0.421
Other 0.000 -9.000 -9.000
2 0-2 0.160 0.957 0.635 1 0.240 0.060 0.043
2 0.160 -0.266 -0.177
3 0.440 -0.473 -0.376
4 0.160 0.957 0.635 *
Other 0.000 -9.000 -9.000
3 0-3 0.360 0.693 0.540 1 0.200 -0.024 -0.017
2 0.360 0.693 0.540 *
3 0.200 -0.614 -0.430
4 0.240 -0.260 -0.189
Other 0.000 -9.000 -9.000
4 0-4 0.360 0.693 0.540 1 0.360 0.693 0.540 *
2 0.200 -0.142 -0.099
3 0.240 -0.579 -0.421
4 0.200 -0.142 -0.099
Other 0.000 -9.000 -9.000
saya cantumkan sampai 4 saja karena sama
dan di roll hingga akhir akan sampai pada
Scale Statistics
----------------
Scale: 0
-------
N of Items 30
N of Examinees 25
Mean 1.240
Variance 1.462
Std. Dev. 1.209
Skew 1.432
Kurtosis 2.171
Minimum 0.000
Maximum 5.000
Median 1.000
Alpha 0.490
SEM 0.864
Mean P 0.248
Mean Item-Tot. 0.583
Mean Biserial 0.821
dan jika di buka nilai siswa.txt
akan muncul
4 1 Scores for examinees from file uji.txt
001 11.00
002 14.00
003 21.00
004 11.00
sampai
025 23.00
Semoga bermanfat ya kawanku!!!
semoga lulus sesuai waktu dan mendapat pekerjaan yang layak. Amiin
sedikit mendung di daerah ciledug ya, tapi harus tetep semangat!!
yang sedang semester 8 pasti sibuk dengan penelitian skripsinya, begitu juga dengan Merry.
Mungkin banyak mahasiswa sedang mencari bagaimana menganalisis soal entah untuk mengukur validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda.
Nah waktu itu di IAIN Syekh Nurjati Cirebon diadakan workshop tentang analisis tes dan non tes, kebetulan saya mengikutinya dan dapat ilmu baru di workhop tersebut.
Sebenarnya banyak sekali analisis butir soal yang sudah ada, tapi mahasiswa mungkin hanya mengenal program excel, SPSS dan anates dan mungkin akan merasa aneh dengan program ITEMAN.
item yang bisa diartikan hitam ini juga programnya berwarna hitam.. hehe...
tapi bukan itu artinya loch!!!
ITEMAN kepanjangan dari ITEM AND TEST ANALYSIS yang merupakan perangkat lunak (software) yang dibuat melalui bahasa pemrograman komputer dan dibuat khusus untuk analisis butir soal dan tes. Hasil analisis meliputi: tingkat kesukaran butir soal, daya pembeda soal, statistik sebaran jawaban, kehandalan/reliabilitas tes, kesalahan pengukuran (standar error), dan distribusi skor serta skor setiap peserta tes. Dikembangkan oleh Assessment Systems Corporation mulai tahun 1982 dan mengalami revisi pada tahun 1984, 1986, 1988, dan 1993; mulai dari versi 2.00 sampai dengan versi 3.50.
Untuk Download software ITEMAN ini, anda klik link di bawah ini:
DOWNLOAD DI SINI
Software ini tidak usah di instal lagi, tinggal double klik untuk menggunakan.
sebelum menggunakan iteman ini, kita terlebih dahulu memasukkan data hasil tes objektif dari siswa ke dalam aplikasi notepad (setiap komputer maupun laptop sudah tersedia aplikasi ini tinggal klik star menu - accecories - notepad), langkah memasukkan data adalah sebagai berikut:
030 o N 04
cbbacbbdcccbcaddacdcabbdbcaabb
444444444444444444444444444444
YYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYY
001 bbcacbcaaccdacdcdcdcabbdbcabab
002 cbbacbcddccbbaddacdcabbdccaabb
003 cbaccbddacdcacddccacbdcbacabba
004 cbcadbcaadccccdddcdaccacaaacdb
- pada baris pertama
o adalah omit digunakan untuk jawaban kosong
N adalah butir soal yang belum dikerjakan
04 jumlah identitas siswa yang dilambankan dengan 001 dan seterusnya jadi terdapat 3 karakter dan 1 spasi jadi di tulis 04
2. pada baris ke dua adalah kunci jawaban tes
3. pada baris ke tiga adalah alternative jawaban soal dalam pilihan ganda karena ini SMP maka hanya 4 alternatif soal, maka di ketik 4 sebanyak 30 soal sesuai jumlah soal tes yang diberikan pada siswa
pada baris ke empat adalah
4. Pada baris ke empat adalah Y yang artinya Yes untuk butir soal yang di analisis dan ketik N = No untuk soal yang tidak di analisis. dan disini saya menganalisis 30 soal tersebut jadi ketik Y sebanyak 30 kali.
5. pada barik ke 5 adalah
001 untuk memberi identitas siswa.dan selanjutnya adalah jawaban siswa dalam menjawab 30 soal tersebut hingga seterusnya sama sampai berapa siswa yang ikut tes tesebut
kemudian save notepad tersebut dengan nama (misal tes) sehingga akan menjadi tes.txt
pindahkan tes.txt tersebut pada satu folder yang terdapat software ITEMAN.EXE nya.
setelah itu buka program ITEMANnya:(dengan double klik)
maka kan muncul gambar seperti ini:
akan muncul enter the name of the input file: tes.txt (yang sesuai dengan notepad yang tadi di buat)
ingat jangan lupa ketik .txt nya agar lebih memudahkan mencari data
kemudian enter lalu akan muncul
akan muncul enter the name of the output file: hasilku.txt (misalnya karena nama terserah kalian)
ingat jangan lupa ketik .txt nya
kemudian enter lagi akan muncul
akan muncul do you want the scores written to a file?
maksudnya apakah anda ingin menskor hasil tiap siswa?
jika Ya ketik Y
tapi jika tidak ketik N
Kali ini saya ketik Y karena saya ingin tau nilai masing-masing siswa
enter kembali, maka akan muncul
enter the name of the score file: nilai siswa.txt (misalnya)
jangan lupa .txt nya kawan!!
terus enter lagi.. maka program tadi akan hilang otomatis itu berarti proses sudah selesai.
sekarang buka folder yang terdapat ITEMAN.EXE dan tes.txtnya. pasti akan muncul hasilku.txt dan nilai siswa.txt.
jika di double klik hasilku txt maka akan muncul data seperti berikut:
MicroCAT (tm) Testing System
Copyright (c) 1982, 1984, 1986, 1988 by Assessment Systems Corporation
Item and Test Analysis Program -- ITEMAN (tm) Version 3.00
Item analysis for data from file latihan1.txt Page 1
Item Statistics Alternative Statistics
----------------------- -----------------------------------
Seq. Scale Prop. Point Prop. Point
No. -Item Correct Biser. Biser. Alt. Endorsing Biser. Biser. Key
---- ----- ------- ------ ------ ----- --------- ------ ------ ---
1 0-1 0.160 0.957 0.635 1 0.240 -0.047 -0.034
2 0.360 -0.103 -0.080
3 0.160 0.957 0.635 *
4 0.240 -0.579 -0.421
Other 0.000 -9.000 -9.000
2 0-2 0.160 0.957 0.635 1 0.240 0.060 0.043
2 0.160 -0.266 -0.177
3 0.440 -0.473 -0.376
4 0.160 0.957 0.635 *
Other 0.000 -9.000 -9.000
3 0-3 0.360 0.693 0.540 1 0.200 -0.024 -0.017
2 0.360 0.693 0.540 *
3 0.200 -0.614 -0.430
4 0.240 -0.260 -0.189
Other 0.000 -9.000 -9.000
4 0-4 0.360 0.693 0.540 1 0.360 0.693 0.540 *
2 0.200 -0.142 -0.099
3 0.240 -0.579 -0.421
4 0.200 -0.142 -0.099
Other 0.000 -9.000 -9.000
saya cantumkan sampai 4 saja karena sama
dan di roll hingga akhir akan sampai pada
Scale Statistics
----------------
Scale: 0
-------
N of Items 30
N of Examinees 25
Mean 1.240
Variance 1.462
Std. Dev. 1.209
Skew 1.432
Kurtosis 2.171
Minimum 0.000
Maximum 5.000
Median 1.000
Alpha 0.490
SEM 0.864
Mean P 0.248
Mean Item-Tot. 0.583
Mean Biserial 0.821
dan jika di buka nilai siswa.txt
akan muncul
4 1 Scores for examinees from file uji.txt
001 11.00
002 14.00
003 21.00
004 11.00
sampai
025 23.00
Semoga bermanfat ya kawanku!!!
semoga lulus sesuai waktu dan mendapat pekerjaan yang layak. Amiin
thankyou :3
BalasHapussama2
Hapusgan filenya jadinya format .DAT
BalasHapusgmana ni ya nda bsa dibuka
di rename aja gan, ganti .TXT
BalasHapusthanks tutor.a gan... :)
BalasHapusgan punya link donload soft ware ITEMANNYA ga ya? saya mau kalo ada
BalasHapusAnda Kebingungan Dan Kesulitan Menyelesaikan Skripsi, Tesis, Disertasi
BalasHapusKarena Pusing Mikirin Olah Data Analisis Statistika Dengan ANATES, SPSS, AMOS
LISREL, EVIEWS, SMARTPLS, GRETL, STATA, MINITAB dan DEAP 2.1
Serahkan Dan Percaya Kepada Kami.
Kami Siap Bantu Anda.
Olah Data Semarang (Timbul Widodo)
WhatsApp : 085227746673
PIN BB : D04EBECB
IG : @olahdatasemarang