MATERI SOAL DAN JAWABAN MATA KULIAH SEJARAH PERADABAN ISLAM
1. Kehidupan Periode
Makkah
SOAL
1. Jelaskan bagaimana langkah tahapan
dakwah yang dilakukan nabi pada periode makkah?
2. Strategi apa saja yang dilakukan
rasulullah dalam menjalankan dakwah nya pada periode makkah?
3. Jelaskan perbedaan ciri pokok pembinaan
pendidikan islam periode makkah dengan periode madinah?
4. Faktor apa yang mempengaruhi masyarakat
makkah menentang dakwah nabi Muhammad SAW?
5. Jelaskan bagaimana dakwah nabi yang
disampaikannya dalam periode makkah?
JAWABAN
1. Langkah tahapan dakwah nabi adalah:
a. Tahapan dakwah secara rahasia
selama 3 tahun Orang-orang yang masuk islam pada masa ini adalah
orang-orang yang terdekat dengan rasulullah, dan orang-orang yang di anggap
mampu memegangrahasia. Orang yang pertama kali masuk islam adalah istrinya
sendiri yaitu khadijah, selanjutnya zaid bin haritsah, ali bin abi thalib, dan
teman dekat rasulullah yaitu abu bakar as-siddiq.Di antara pendahulu kaum
muslimin yang masuk islam pada masa ini adalah bilal bin rabah, abu ubaidah bin
abil arqam, utsman bin madz’un dan dua saudaranya, qudamah dan lain-lain.
Mereka masuk islam secara rahasia dan rasulullah membimbing mereka pun dengan
rahasia pula.
b. Tahapan dakwah secara terang-terangan
terhadap penduduk Makkah (mulai tahun ke-4 kenabian sampai ahir tahun kenabian)
c. Tahapan dakwah di luar Makkah,
berlangsung dari ahir tahun ke-10 kenabian sampai hijrah ke madinah.
2. Strategi yang dilakukan rasulullah dalam
menjalankan dakwahnya adalah: hijrah ke habsyi yang pertama, hijrah ke habsyi
yang kedua, misi ke tha’if, perjanjian aqobah 1 dan perjanjian aqobah 2.
3. Ciri pokok pembinaan pendidikan
Periode kota Makkah:
Pokok pembinaan pendidikan islam di kota Makkah adalah pendidikan tauhid,
titik beratnya adalah menanamkan nilai-nilai tauhid ke dalam jiwa setiap
individu muslim, agar jiwa mereka terpancar sinar tauhid dan tercermin dalam
perbuatan dan tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.
Ciri pokok pembinaan pendidikan pendidikan Periode kota Madinah:
Pokok pembinaan pendidikan islam di kota Madinah dapat dikatakan sebagai
pendidikan sosial dan politik. Yang merupakan kelanjutan dari pendidikan tauhid
di Makkah, yaitu pembinaan di bidang pendidikan sosial dan politik agar dijiwai
oleh ajaran , merupakan cermin dan pantulan sinar tauhid tersebut.
4. Faktor yang menentang masyarakat mekkah
menentang dakwah nabi adalah: persaingan merebut kekuasaan, Penyamaan
antara hak antara kasta bangsawan dan kasta hamba sahaya, Takut dibangkitkan
dari alam kubur , Taklid kepada nenek moyang,memperniagakan patung.
5. Ada ciri umum yang dapat di definisikan
dalam dakwah rasulullah pada periode makkah, yaitu:
a. Perhatian dakwah terfokus pada upaya
untuk menyampaikan dakwah dan meyebarkannya dengan cara sirriyah maupun
jahriyah.
b. Memperhatikan aspek terbiyah (pengkaderan
terpadu) bagi orang yang menerima dakwah dengan upaya untuk mensucikan hati
orang yang di didik dan menumbuhkan mereka dalam suasana hidayah.
c. Berusaha agar tidak terjadi
kontak fisik dengan musuh dan mencukupkan diri dengan melakukan melakukan jihad
dakwah meskipun gangguan dari pihak musuh sukup menyakitkan hati.
d. Selalu aktif melakukan dakwah dan
tidak terpaku hanya di tempat mulai tumbuhnya rasulullah (di makkah). Melakukan
kegiatan dan menentukan strategi yang berkesinambungan untuk dakwah kedepan.
2. Peristiwa Hijrah dari
Makkah ke Madinah
SOAL
1. Faktor apa yang menyebabkan nabi memilih
kota madinah untuk hijrah kaum muslimin?
2. Hikmah apa yang dihasilkan dari hijrah ke
Madinah?
3. Langkah apa yang dilakukan nabi dalam
usaha memperkokoh masyarakat dengan negara baru itu?
4. Jelaskan alasan nabi untuk hijrah ke kota
madinah dalam menyampaikan dakwahnya?
5. Bagaimana sambutan kaum anshor terhadap
kaum muhajirin setibanya di madinah?
JAWABAN
1. Alasan nabi memilih kota madinah adalah:
a. Madinah
adalah tempat yang paling dekat dengan Makkah.
b. Sebelum jadi
Nabi, Muhammad telah mempunyai hubungan yang baik dengan penduduk madinah
karena kakek nabi, Abdul Mutholib, mempunyai istri orang Madinah
c. Penduduk Madinah sudah dikenal Nabi bahwa mereka memiiki sifat yang lemah
lembut
d. Nabi Muhammad SAW mempunyai kerabat di madinah yaitu bani Nadjar
e. Bagi diri Nabi sendiri, hijrah ke Madinah karena perintah Allah SWT.
Hikmah yang dihasilkan dari hijrah ke madinah adalah:
a.
Kemenangan dakwah Rasulullah dan kaum Muslimin terhadap kaum Quraisy
- Terbentuknya agama Islam yang beribukota di Madinah dengan nabi Muhammad SAW sebagai kepala Negara dan kepala pemerintahannya
- Tersebarnya agama Islam kepelosok penjuru dunia
1.
Langkah yang dilakukan nabi dalam memperkokohnya adalah dengan cara meletakkan
dasar-dasar kehidupan bermasyarakat yaitu:
a. Dasar pertama ,
pembangunan Masjid, selain untuk tempat shalat, juga sebagai sarana penting
untuk mempersatukan kaum Muslimin dan mempertalikan jiwa mereka. Masjid pada
masa Nabi juga berfungsi sebagai pussat pemerintahan.
b. Dasar kedua , Ukhuwah
Islamiah , persaudaraan sesama musllim. Nabi mempersaudarakan golongan
Muhajirin dengan Anshor. Ini berarti menciptakan suatu bentuk persaudaraan yang
baru yaitu persaudaraan berdasarkan agama, menggantikan persaudaraan
beersasarjan darah.
c. Dasar ketiga ,
hubungan persahabatan sengan pihak-pihak lain yang tidak beragama islam.
2.
Untuk lebih memperluas dakwah nabi,dan masyarakat madinah juga sangat
mengharapkan kehadiran nabi ke madinah,selain itu juga karena factor
rencana-rencana jahat kafir Quraisy terhadap diri Nabi Muhammad dan kaum
Muslimin,Fitnah tentang Nabi Muhammad dituduh juru penerang yang memecah belah
masyarakat,Abu Jahal sangat memusuhi Nabi Muhammad sehingga dia ingin
membunuhnya,Kaum Muslimin yang di Makkah dikucilkan oleh masyarakat Makkah
selama tiga tahun.
3. kaum anshor terhadap kaum muhajirin
disambut baik oleh penduduknya atau kaum Anshar. Setiba disana rasul langsung
diangkat menjadi kepala agama dan sekaligus kepala negara karena beliau adalah
seorang Rasul. Kemudian Rasulullah saw mempersaudarakan antara kaum Muhajirin
dan Kaum Anshar dengan mempersilakannya tinggal di rumahnya dan memanfaatkan
segala fasilitas yang ada.
3.PIAGAM MADINAH
1. Jelaskan apa fungsi dibuatnya “Piagam
Madinah” oleh Rasulluah Saw?
Fungsi utama dibuatnya “Piagam Madinah” untuk menjamin keamanan dan
kedamaian antara kaum muslimin dan golongan quraisy. Piagam madinah merupakan
perjanjian yang member kebebasan beragama, anggota masyarakat memiliki hak
dalam bidang poloitik, berkewajiban mempertahankan keamanan dari serangan luar.
Dalam bidang sosial adanya dasar persamaan antar manusia.
2. Pada saat adanya festival ukaz tahun 620
M, ada berapakah penduduk Yatsrib yang menyatakan memeluk islam ketika bertemu
Nabi Muhammad SAW dan siapakah seorang perempuan diantaranya yang bertempat di
Aqabah ?
Jawaban :
Pada saat Festival tersebut ada 6 orang, kemudian setelah mereka
kembali ke Yatsrib mereka kembali mengajak kaumnya yang berjumlah 12 orang,yang
salah satu di antara mereka adalah seorang perempuan yang bernama Arfa binti
Abid ibnu Tsa’labah dari Yatsrib menemui Rasulullah, dan menyatakan masuk agama
islam, yang juga bertempat di Aqabah, sehingga pertemuan itu disebut
Kesepakatan Aqabah II.
3. Sebutkan apa-apa saja sebab yang
menyebabkan mudahnya islam masuk ke Yatsrib ( Madinah ) ?
Jawaban :
a.
Orang-orang Arab Yatsrib ( Madinah ) adalah orang yang paling dekat dengan
agama Samawi ( monoteisme ) karena mereka banyak mendengar dan berdekatan
dengan orang-orang yahudi.
b.
Orang-orang Yahudi Yatsrib ( Madinah ) sering mengatakan akan muncul seorang
Nabi, dan orang-orang Yahudi akan mengusir orang-orang Arab. Itulah sebabnya
orang0orang Arab paling awal mengikuti Nabi, agar sebaliknya mereka mengusir
orang-orang Yahudi.
4. Jelaskan bagaimana maksud dari piagam madina?
Jawabannya:Perlembagaan yang ditulis dan dipersetujui bersama semua
golongan (orang Islam dan Yahudi) yang menjadi warganegara Madinah
Al-Munawwarah pimpinan Rasulullah SAW. Disebut Sahifah al-Madinah (perlembagaan
bertulis pertama di dunia).Menjadi asas pembentukan sebuah Negara Islam.
5. Apakah peristiwa yang terjadi sebelum
penggubalan piagam madina?
Jawabannya: peristiwa yang terjadi adalah
1) Perjanjian Aqobah pertama, yakni 12 orang
penduduk Madinah ke Makkah bertemu Rasulullah SAW, berjanji meninggalkan
perkara syirik, mencuri, berzina, membunuh anak, serta taat perintah Rasulullah
SAW.
2) Penerimaam masyarakat yathrib
terhadap agama islam, yakni Mus’ab bin Umair diutus ke Yathrib mengajar
al-Quran oleh Rasulullah SAW, Dakwah Mus’ab diterima baik penduduk Aus dan
Khazraj.
3) Perjanjian Aqobah kedua, yakni Tahun
berikutnya, Mus’ab membawa 73 orang lelaki dan 2 orang wanita Madinah, Mereka
berbai’ah akan memelihara dan mempertahankan Rasulullah SAW, berikrar taat
setia ketika susah dan senang.
4.Perjanjian Hudaibiyah
SOAL
1.
Jelaskan apa yang dimaksud perjanjian hudaibiyah?
2.
Jelaskan bagaimana latar belakang perjanjian hudaibiyah?
3.
Jelaskan faktor – faktor yang mendorong dilakukannya perjanjian hudaibiyah?
4.
Jelaskan 2 faktor dasar yang mendorong kebijakan perjanjian hudaibiyah itu?
5.
Jelaskan mengapa perjanjian hudaibiyah dikatakan sebagai suatu kemenangan yang
nyata?
JAWABAN
1.
Perjanjian Hudaibiyyah adalah sebuah perjanjian yang di adakan di sebuah tempat
di antara Madinah dan Mekkah pada bulan Maret 628 M atau pada bulan Dzul Qa’dah tahun ke-6 hijriyah. Hudaibiyah itu sendiri adalah nama sebuah tempat
yang berjarak 22 km sebelah barat daya Makkah, sisi-sisinya termasuk perbatasan
tanah haram Makkah dan sebagian besar tidak termasuk.
2.
Pada tahun 628 M/ 6 H. Ketika ibadah haji telah disyari’atkan, nabi
beserta sekitar 1400 Muslim
berangkat ke Mekkah
untuk melaksanakan ibadah haji bukan untuk berperang. Karena itu mereka tidak membawa senjata. Rasulullah
menyeru orang-orang Arab para penduduk desa yang berada di sekitar Madinah untuk
keluar bersamanya, sehingga mereka menuju Makkah dalam jumlah yang banyak. Sebab beliau khawatir jika orang-orang Quraisy akan
menghalangi dan memerangi mereka sebelum tiba di Baitullah. Tetapi banyak juga dari
penduduk desa ini yang merespon panggilan ini dengan lambat bahkan menolaknya.
Lalu beliau keluar bersama kaum Muhajirin, Anshor dan kabilah-kabilah Arab
lainnya.
3.
Kesediaan orang-orang Makkah untuk berunding dan
membuat perjanjian dengan kaum muslimin itu benar-benar merupakan kemenangan diplomatik
yang besar bagi umat islam. Dengan perjanjian, harapan untuk mengambil alih
Ka’bah dan Makkah sudah makin terbuka untuk merebut dan menguasai Makkah agar
dapat menyiarkan Islam kedaerah-daerah lain, ini merupakan target utama beliau.
4.
Dua faktor tersebut adalah:
a.
Makkah adalah pusat keagamaan bangsa Arab dan melalui konsolidasi ini, Islam
bisa tersebar keluar.
b.
Apabila suku nabi sendiri dapat diislamkan, Islam akan mendapat dukungan yang
kuat karena orang-orang Quraisy mempunyai kekuasaan dan pengaruh yang besar
5.
Tidak diragukan lagi bahwa Perjanjian Hudaibiyah
adalah suatu kemenangan yang nyata. Sejarah pun mencatat bahwa isi perjanjian
ini adalah suatu hasil politik yang bijaksana dan pandangan yang jauh, yang
besar sekali pengaruhnya terhadap masa depan Islam dan masa depan orang-orang
Arab itu semua. Ini adalah yang pertama kali pihak Quraisy mengakui Muhammad,
bukan sebagai pemberontak terhadap mereka, melainkan sebagai orang yang tegak
sama tinggi duduk sama rendah. Dan sekaligus
mengakui pula berdirinya dan adanya kedaulatan Islam itu. Kemudian juga suatu
pengakuan bahwa Muslimin pun berhak berziarah ke Ka’bah serta melakukan ibadah
haji, bahwa Islam adalah agama yang sah diakui sebagai salah satu agama di
jazirah itu. Selanjutnya gencatan senjata yang selama sepuluh tahun membuat
pihak Muslimin merasa lebih aman dari jurusan selatan tidak kuatir akan
mendapat serangan Quraisy, yang juga berarti membuka kesempatan bagi Negara
Islam Madinah untuk berkonsentrasi menyebarkan dakwah Islam ke arah utara
Jazirah Arab.
5.Fathul Makkah
SOAL
1.
Jelaskan apakah itu fathul makkah?
2.
Jelaskan bagaimana kronologi terjadinya fathul makkah?
3.
Jelaskan apa tujuan diadakannya fathul makkah?
4.
Siapa sajakah yang menemani rasulullah berangkat ke mekkah?
5.
Apa saja pesan rasulullah setelah membagi pasukannya yang akan menaklukkan kota
mekkah?
JAWABAN
1.
Fathul Mekkah (penaklukan kota Mekkah), yaitu peristiwa jatuhnya kota Mekkah
kepada kaum muslimin dan pengampunan Rasulullah SAW terhadap kaum Quraisy.
2.
Fathul Mekkah terjadi akibat dari penghianatan kaum Quraisy yakni melanggar
perjanjian Hudaibiyah. Sebab terjadinya adalah orang-orang Bani Bakar meminta
bantuan senjata pada para tokoh Quraisy untuk menyerang orang-orang Khuza'ah
yang telah menyatakan diri untuk bergabung dengan kaum Muslimin. Padahal dalam perjanjian Hudaibiyah, kaum manapun mendapat perlindungan
untuk memilih keyakinan dalam menentukan jalan hidupnya.
Orang-orang Khuza'ah dikepung sehari semalam oleh orang-orang Bani Bakar dan akhirnya 20 orang suku Khuza'ah terbunuh. Peristiwa ini disampaikan oleh Amr bin Salim Al-Khuzai kepada Rasulullah. Setelah mendengar berita duka tersebut Rasulullah menyiapkan pasukan untuk melakukan pembebasan terhadap kota Mekkah yang di kenal dengan peristiwa Fathul Mekkah.
Orang-orang Khuza'ah dikepung sehari semalam oleh orang-orang Bani Bakar dan akhirnya 20 orang suku Khuza'ah terbunuh. Peristiwa ini disampaikan oleh Amr bin Salim Al-Khuzai kepada Rasulullah. Setelah mendengar berita duka tersebut Rasulullah menyiapkan pasukan untuk melakukan pembebasan terhadap kota Mekkah yang di kenal dengan peristiwa Fathul Mekkah.
3.
Tujuan diadakannya fathul makkah adalah:
a. Memberikan pelajaran terhadap kaum Quraisy tentang pentingnya sebuah
perjanjian.
b. Membersihkan kota Mekkah dari kemusyrikan
c. Membebaskan umat manusia dari kemusyrikan dan kembali dengan
menyembah Allah.
4.
Rasulullah berangkat ke Mekkah disertai kaum muslimin yang terdiri dari kaum
Anshor, Muhajirin, Bani Aslam, Bani Mazinah, Bani Ghifar, Bani Jahinah dan
berjumlah 10.000 orang. Jumlah
tersebut ditambah dengan kaum-kaum yang ikut bergabung selama melakukan
perjalanan ke kota Mekkah.
5.
Adapun pesan rasulullah adalah:
a. Tidak boleh melakukan pertengkaran
atau peperangan di kota Mekkah. Karena
kota Mekkah adalah tanah Haram. Kecuali untuk mempertahankan diri.
b. Ketika memasuki kota Mekkah, hendaknya
meneriakkan takbir sebagai simbol kemenangan dan keselamatan
7.Sistem Pemerintahan Pada Masa Khulafa Ar-Rasyidin
SOAL
1.
Apa alasan dipilihnya khulafaur rasyidin sebagai pengganti rasulullah?
2.
Jelaskan bagaimana faktor keberhasilan yang dicapai khalifah Abu Bakar?
3.
Perkembangan apa saja yang dicapai pada masa pemerintahan umar bin
khattab,jelaskan?
4.
Perkembangan apa sajakah yang terjadi pada masa khalifah utsman bin affan?
5.
Apa yang terjadi pada peristiwa tahkim pada masa Ali bin Abi Thalib?
JAWABAN
1.
Karena empat orang khalifah pertama agama Islam, yang
dipercaya oleh umat Islam sebagai penerus kepemimpinan Nabi
Muhammad setelah ia wafat. Empat orang
tersebut adalah para sahabat dekat Muhammad yang tercatat paling dekat dan paling dikenal dalam membela ajaran yang
dibawanya di saat masa kerasulan Muhammad. Keempat khalifah tersebut dipilih
bukan berdasarkan keturunannya, melainkan berdasarkan konsensus bersama umat
Islam.
2.
Keberhasilan yang dicapai Abu Bakar adalah Pada saat itu kondisi sosial
mayarakat menjadi stabil dan dapat mengamankan tanah Arab dari pembangkang dan
penyelewengan seperti orang murtad, para nabi palsu dan orang-orang yang enggan
membayar zakat.Selain itu keadaan kaum muslimin menjadi tenteram, tidak
khawatir lagi beribadah kepada Allah. Perkembangan
dagang dan hubungan bersama kaum muslim yang berada di luar Madinah keadaannya
terkendali dan terjalin dengan baik. Selain itu juga kemajuan yang dicapai
adalah Pembukuan Al-Qur’an.
3.
Diantara perkembangan yang ada pada masa Khalifah Umar adalah :
a.
Pemberlakuan Ijtihad
b.
Menghapuskan zakat bagi para muallaf
c.
Mengahpuskan hukum mut’ahLahirnya ilmu Qira’at
d.
Penyebaran Ilmu Hadits
e.
Menempa mata uang danmenciptakan tahun Hijriah
4. Diantara perkembangan yang ada pada masa
Khalifah Ustman adalah :
§ Penaskahan Al-Qur’an
§ Perluasan Masjid Nabawi dan Masjidil Haram
§ Didirikannya masjid Al-Atiq di utara benteng babylon
§ Membangun Pengadilan
§ Membnetuk Angkatan Laut
- Membentuk Departemen: Dewan kemiliteran ,Baitrul Mall, Jawatan Pajak , Jawatan Pengadilan.
5. Konflik politik antara Ali Bin Abi Thalib
dan Muawiyyah ibn Sufyan di akhiri dengan tahkim, dalam tahkim tersebut pihak
ali bin abi thalib dirugikan oleh pihak muawiyyah,karena kecerdikan amr bin ash
yang dapat mengalahkan abu musa al asy’ari. Pendukung ali lalu terpecah menjadi
dua yaitu kelompok yang secara terpaksa menghadapi hasil tahkim,dan mereka
tetap setia mendukung ali,sedangkan kelompok yang kedua adalah kelompok yang
menolak hasil tahkim dan kecewa terhadap kepemimpian ali,mereka menyatakan
keluar dari kepimpinan ali.
8.Sistem Pemerintahan Pada Masa Dinasti Umayyah
SOAL
1. Jelaskan latar belakang
sejarah lahirnya Bani Umayyah?
2. Coba tuliskan nama-nama
khalifah Bani Umayyah di Damaskus?
3. Jelaskan kemajuan yang
dicapai dinasti Bani Umayyah?
4. Jelaskan faktor apa yang
menyebabkan mundur nya bani Umayyah?
5. Jelaskan bagaimana
sisitem pemerintahan Bani Umayyah?
JAWABAN
1.
Nama daulah Umayyah berasal dari nama Umayyah Ibn ‘Abdi Syams Ibn ‘Abdi Manaf,
yaitu salah seorang dari pemimpin kabilah Quraisy pada zaman jahiliyah.
Bani Umayyah baru masuk agama Islam setelah mereka tidak menemukan jalan lain
selain memasukinya, yaitu ketika Nabi Muhammad bersama beribu-ribu pengikutnya
yang benar-benar percaya terhadap kerasulan dan kepemimpinan beliau menyerbu
masuk ke dalam kota Makkah.
Memasuki tahun ke 40 H/660 M, banyak sekali pertikaian politik dikalangan ummat Islam, puncaknya adalah ketika terbunuhnya Khalifah Ali bin Abi Thalib oleh Ibnu Muljam. Pembunuh tersebut disinyalir dari golongan Khawarij yang merasa bahwa perpecahan ummat Islam adalah disebabkan oleh tiga orang, yaitu: Ali bin Abi Thalib, Mu’awiyah, dan ‘Amr bin al ‘Ash.
Setelah khalifah terbunuh, kaum muslimin diwilayah Irak mengangkat al-Hasan putra tertua Ali sebagai khalifah yang sah. Sementara itu Muawiyah sebagi gubernur propinsi Suriah (Damaskus) juga menobatkan dirinya sebagai Khalifah.
Memasuki tahun ke 40 H/660 M, banyak sekali pertikaian politik dikalangan ummat Islam, puncaknya adalah ketika terbunuhnya Khalifah Ali bin Abi Thalib oleh Ibnu Muljam. Pembunuh tersebut disinyalir dari golongan Khawarij yang merasa bahwa perpecahan ummat Islam adalah disebabkan oleh tiga orang, yaitu: Ali bin Abi Thalib, Mu’awiyah, dan ‘Amr bin al ‘Ash.
Setelah khalifah terbunuh, kaum muslimin diwilayah Irak mengangkat al-Hasan putra tertua Ali sebagai khalifah yang sah. Sementara itu Muawiyah sebagi gubernur propinsi Suriah (Damaskus) juga menobatkan dirinya sebagai Khalifah.
2.
Nama-nama khalifah Bani umayyah adalah:
1.
Muawiyah I bin Abu Sufyan, 41-61H/661-680M
2.
Yazid I bin Muawiyah ,61-64H/680-683M
3.
Muawiyah II bin Yazid,64-65H/683-684M
4.
Marwan I bin al-Hakam, 65-66 H / 684-685 M
5.
Abdul-Malik bin Marwan, 66-86 H / 685-705 M.
6.
Al-Walid I bin Abdul-Malik, 86-97 H / 705-715 M
7.
Sulaiman bin Abdul-Malik, 97-99 H / 715-717 M
8.
Umar II bin Abdul-Aziz, 99-102 H / 717-720 M
9.
Yazid II bin Abdul-Malik, 102-106 H / 720-724 M
10. Hisyam bin
Abdul-Malik, 106-126 H / 724-743 M
11. Al-Walid II bin
Yazid II, 126-127 H / 743-744 M
12. Yazid III bin
al-Walid, 127 H / 744 M
13. Ibrahim bin
al-Walid, 127 H / 744 M
14. Marwan II bin
Muhammad (memerintah di Harran, Jazira), 127-133 H / 744-750M
3.
Pada masa kekuasannya yang hampir satu abad, dinasti ini mencapai banyak
kemajuan. Dintaranya adalah: kekuasaan territorial yang mencapai wilayah Afrika
Utara, India, dan benua Eropa, pemisahan kekuasaan, pembagian wilayah kedalam
10 provinsi, kemajuan bidang administrasi pemerintahan dengan pembentukan
dewan-dewan, organisasi keuangan dan percetakan uang, kemajuan militer yang
terdiri dari angkatan darat dan angkatan laut, organisasi kehakiman, bidang
sosial dan budaya, bidang seni dan sastra, bidang seni rupa, bidang arsitektur,
dan dalam bidang pendidikan.
4. . Kemunduran dan kehancuran Dinasti Bani
Umayyah disebabkan oleh banyak faktor, dinataranya adalah: perebutan kekuasaan
antara keluarga kerajaan, konflik berkepanjagan dengan golongan oposisi Syi’ah
dan Khawarij, pertentangan etnis suku Arab Utara dan suku Arab Selatan, ketidak
cakapan para khalifah dalam memimpin pemerintahan dan kecenderungan mereka yang
hidup mewah, penggulingan oleh Bani Abbas yang didukung penuh oleh Bani Hasyim,
kaum Syi’ah, dan golongan Mawali.
5. Sistem pemerintahan Dinasti Bani Umayyah
diadopsi dari kerangka pemerintahan Bizantium, dimana ia menghapus sistem
tradisional yang cenderung pada kesukuan. Pemilihan khalifah dilakukan dengan
sistem turun temurun atau kerajaan, hal ini dimulai oleh Umayyah ketika
menunjuk anaknya Yazid untuk meneruskan pemerintahan yang dipimpinnya pada
tahun 679 M.
9.Pola dan Pengembangan Wilayah Pada masa Khulafa’ al-Rayidin
1. Apakah faktor-faktor yang melatarbelakangi
timbulnya konflik antara umat Islam dengan bangsa Romawi?
Jawabannya: factor-faktor tersebut adalah karena: pertama, bangsa Romawi
dan Persia tidak menaruh hormat terhadap maksud baik islam; kedua, semenjak
Islam masih lemah, Romawi dan Persia selalu berusaha menghancurkan Islam;
ketiga, bangsa Romawi dan Persia bersikap ceroboh menghasut suku-suku badui
untuk menentang pemerintahan Islam dan mendukung musuh-musuh Islam; dan
kelima,letak geografis kekuasaan Romawi dan Persia sangat strategis untuk
kepentingan keamanan dan pertahanan islam.
2. Bagaimanakah system pemerintahan ketika
Usman Bin affan menjabat sebagai Khalifah?
Jawabannya: Masa pemerintahan Utsman bin Affan termasuk yang paling lama
dibandingkan dengan khalifah lainnya, yaitu selama 12 tahun, Pemerintah
khalifah Ustman Ibn Affan mengalami masa kemakmuran dan berhasil dalam beberapa
tahun pertama pemerintahannya. Ia melanjutkan kebijakan-kebijakan Khalifah
Umar. Pada separuh terakhir masa pemerintahannya, muncul kekecewaaan dan
ketidakpuasaan dikalangan masyarakat karena ia mulai mengambil kebijakan yang
berbeda dari sebelumnya.
3. Apakah yang menyebabkan terjadinya
pemberontakan Thalhah pada masa kepemimpinan Ali ibn Abi Thalib?
Jawabannya: penyebab terjadinya pemberontakan tersebut adalah karena Ali
Ibn Abi Thalib tidak mau menghukum para pembunuh Usman dan mereka menuntut
bela’ terhadap daerah Usman yang telah ditumpahkan secara dhalim. Perang ini
dikenal dengan nama perang jamal. Bersamaan dengan itu,
kebijaksanaan-kebijaksanaan Ali Ibn Abi Thalib juga mengakibatkan timbulnya
perlawanan dari gubernur di Damaskus, Muawiyah.
4. Sejak kapankah pengembangan kekuasaan
Islam berkembang pesat di masa Khulafa Al-Rasyidin?
Jawabannya: pengembangan kekuasaan islam berkembang pesat dimulai dari
timbulnya konflik antara umat Islam dengan Persia yang pada akhirnya mendorong
umat Islam mengadakan penakhlukan negeri romawi dan persia, serta
negeri-negeri jajahannya.
11.Dinasti Umayyah Di Andalusia
SOAL
1.
Jelaskan kapan islam masuk ke Andalusia?
2.
Jelaskan bagaimana perkembangan islam di Andalusia/spanyol?
3.
Kemajuan-kemajuan apa sajakah yang dicapai pada masa itu?
4.
Apa penyebab kehancuran dinasti umayyah di Andalusia?
5.
Faktor apa yang mendukung proses penguasaan islam atas spanyol?
JAWABAN
1.
Pada awal abad ke-8 Masehi, para pendatang baru berdatangan baru berdatangan ke
daratan Erofa (spanyol). Pendatang tersebut adalah bangsa arab, yang membawa
agama islam, sejak Ekspansi Bani Umayyah Spanyol pada tahun 711 M. Yang di
pimpin oleh Thariq bin Ziyad. Spanyol menjadi bagian wilayah kekuasaan islam,
umat islam berkuasa di Spanyol hampir delapan abad, yaitu dari tahun 711-1492
M.
2.
Perkembangan islam masuk ke Spanyol melalui beberapa periode yaitu:
a.
Periode Pertama (711-755)Pada periode ini, spanyol berada dibawah pemerintahan paraq wali yang
diangkat oleh khalifah bani umayyah yang berpusat di Damaskus.
b.
Periode Kedua (755-912 M )Pada periode ini, Spanyol berada dibawah pemerintahan seorang yang bergelar
amir (panglima atau gubernur) tetapi tidak tunduk kepada pusat
pemerintahan islam yang ketika itu dipegang oleh khalifah Abbasiyah di Bagdad. Amir
pertama adalah Abdurrahman 1, yang memasuki Spanyol tahun 138H/755
M dan diberi gelar Al-Dakhil (yang masuk ke Spanyol).
c.
Periode Ketiga (912-1013 M)Periode ini berlangsung mulai dari pemerintahan Abd Al-Rahman III yang
bergelar “An-Nasir” sampai munculnya “raja-raja kelompok” yang dikenal dengan
sebutan Muluk al-Thawaif. Pada periode ini, Spanyol diperintah
oleh penguasa dengan gelar khalifah.
d.
Periode keempatPada
periode ini, spanyol terpecah menjadi lebih dari tiga puluh negara kecil
dibawah pemerintahan raja-raja golongan atau Al-Mulukuth-Thawaif, yang
berpusat disuatu kota seperti Seville,Cordova, Toledo, dan sebagainya.
e.
Periode kelima (1086-1248 M) Pada periode ini, Spanyol islam meskipun masih terpecah dalam beberapa
negara, tetapi terdapat satu kekuatan yang dominan, yaitu kekuasaan dinasti
Murabithun (1086-1143 M) dan dinasti Muwahhidun (1146-1235).
f.
Periode Keenam (1248-1492 M)Pada periode ini, islam hanya berkuasa di daerah Granada, di bawah dinasti
bani Ahmar (1232-1492). Peradaban kembali mengalami kemajuan seperti di zaman
Abdurrahman An-Nasir.
3. Kemajuan-kemajuan yang dicapai adalah
dalam bidang:
a. Filsafat
b. Sains
c. Bahasa
d. Sastra dan Musik
e. Sejarah dan Geografi
f. Fiqh
g. Kemajuan Pembangunan Fisik
4. Ada beberapa faktor penyebab kemunduran
yang akhirnya membawa kehancuran islam di spanyol:
Ø Munculnya Khalifah-Khalifah yang lemah
Ø Konflik antara Islam dan kristen
Ø Munculnya Muluk Ath-Thawaif
Ø Kemerosotan Ekonomi
Ø Sistem Peralihan Kekuasaan yang tidak Jelas
5. Faktor yang mendukung islam atas
penguasaan spanyol adalah:
a. sikap penguasa Ghotic yang tidak
toleran terhadap aliran agama yang berkembang pada saat itu
b. Perselisihan antara Raja Roderick dengan
Witiza
c. Tentara Roderick tidak mempunyai
semangat perang.
12.KEHIDUPAN BERAGAMA PADA MASADINASTI UMAYYYAH
Soal
1. Dimana sajakah pusat pendidikan pada masa
Dinasti Umayyah?
2. Apa saja ilmu-ilmu yang berkembang pada
masa dinasti Umayyah?
3. Sebutkan madrasah-madrasah yang ada pada
masa Bani Umayyah?
4. Tokoh-tokoh pendidikan pada masa Bani
Umayyah terdiri dari ulama-ulama yang menguasai bidangnya masing-masing seperti
dalam bidang tafsir, hadist, dan Fiqh dan juga bahasa/sastra, sebutkan?
5. Pada masa dinasti Umayyah hadits-hadits
belumlah dibukukan, bagaimana cara meriwayatkan hadits pada masa itu?
Jawab
- Pada masa Dinasti
Umayyah pendidikan berpusat di Damaskus, Kufah, Mekkah, Madinah, Mesir, Cordova
dan beberapa kota lainnya, seperti: Basrah dan Kuffah (Irak), Damsyik dan
Palestina (Syam), Fistat (Mesir).
- Ilmu-ilmu yang
berkembang pada masa dinasti Umayyah, yaitu:
a. Kedokteran
b. Filsafat
c. Astronomi atau perbintangan
d. Ilmu pasti
e. Sastra
f. Seni baik itu seni bangunan, seni
rupa, amuoun seni suara.
- Madrasah-madrasah
yang ada pada masa Bani Umayyah adalah sebagai berikut:
1. Madrasah Mekkah
2. Madrasah Madinah
3. Madrasah Basrah
4. Madrasah Kufah
5. Madrasah Damsyik (Syam)
6. Madrasah Fistat (Mesir)
4. Tokoh-tokoh pendidikan pada masa Bani
Umayyah itu adalah:
- Ulama-ulama tabi’in
ahli tafsir, yaitu: Mujahid, ‘Athak bin Abu Rabah, ‘Ikrimah, Sa’id bin Jubair,
Masruq bin Al-Ajda’, Qatadah.
- Ulama-ulama Hadist:
Ulama-ulama sahabat yang banyak meriwayatkan hadis-hadis ialah: Abu Hurairah
(5374 hadist), ‘Aisyah (2210 hadist), Abdullah bin Umar (± 2210 hadist),
Abdullah bin Abbas (± 1500 hadist), Jabir bin Abdullah (±1500 hadist), Anas bin
Malik (±2210 hadist)
- Ulama-ulama ahli
Fiqh: Ulama-ulama tabi’in Fiqih pada masa bani Umayyah diantaranya adalah:,
Syuriah bin Al-Harits, ‘alqamah bin Qais, Masuruq Al-Ajda’,Al-Aswad bin Yazid
- Ahli bahasa/sastra:
Seorang ahli bahasa seperti Sibawaih yang karya tulisnya Al-Kitab, menjadi
pegangan dalam soal berbahasa arab.
5. Hadits-hadits diriwayatkan dari mulut ke
mulut. Dari mulut guru ke mulut muridnya, yaitu dari hafalan guru diberikannya
kepada murid, sehingga menjadi hafalan murid pula dan begitulah seterusnya.
Setengah sahabat dan pelajar-pelajar ada yang mencatat hadist-hadist itu dalam
buku catatannya, tetapi belumlah berupa buku menurut istillah kita sekarang.
13.KEMAJUAN AGAMA ISLAM PADA MASA DINASTI ABBASIYAH DI TIMUR
Soal
1. Jelaskan persamaan dan perbedaan daulah
dinasti Umayyah dengan daulah dinasti Abbasiyah?
2. Bagaimana perkembangan ilmu hadits pada
masa pemerintahan dinasti Abbasiyah?
3. Bagaimana perkembangan ilmu tafsir pada
masa pemerintahan dinasti Abbasiyah?
4. Sebutkan tokoh perumus pemikiran
Mu'tazilah yang terbesar pada masa pemerintahan dinasti Abbasiyah?
5. Pada masa pemerintahan dinasti Abbasiyah
terjadi Islamisasi Masyarakat secara besar-besaran, dimana dan jelaskan?
Jawab
1. Daulah abbasiyah memiliki kesamaan dan
perbedaan dengan daulah umayyah. Seperti yang terjadi pada masa daulah umayyah,
misalnya, para bangsawan daulah abbasiyah cenderung hidup mewah dan bergelimang
harta. Mereka gemar memelihara budak belian serta istri pemeliharaan (harem).
Kehidupan lebih cenderung pada kehidupan duniawi ketimbang mengembangkan
nilai-nilai agam islam. Namun tidak dapat disangkal khalifah memiliki selera
seni yang tinggi serta taat beragama. Tidak berlebihan kalau dikatakan bahwa
daulah abbasiyah mengalami pergeseran dalam mengembangkan pemerintahan.
Sehingga dapat dikelompokkan masa daulah abbasiyah menjadi lima periode
sehubungan dengan corak pemerintahan.
2. Dalam bidang hadits, pada masa ini hanya
merupakan penyempurnaan, pembukuan dari catatan dan hafalan para sahabat. Pada
masa ini pula dimulainya pengklasifikasian hadits, sehingga muncul yang namanya
hadits dhaif, maudlu’, shahih serta yang lainnya.
3. Dalam masa ini ilmu metode tafsir
mulai berkembang, terutama dua metode penafsiran, yaitu tafsir bir ra’i dan
tafsir bil ma’tsur .
4. Tokoh perumus pemikiran Mu'tazilah yang
terbesar adalah Abu al-Huzail al-Allaf (135-235 H/752-849M) dan al-Nazzam
(185-221 H/801-835M).
5. Sebanyak 5.000 orang Kristen Banu Tanukh
didekat Alleppo mengikuti perintah khalifah Al-Mahdi untuk masuk Islam. Proses
konversi secara normal berjalan lebih gradual, damai, dan bersifat pasti.
14.MASA DINASTI UMAYYAH DI ANDALUSIA
1. Jelaskan bagaimana berdirinya Bani Umayyah
di Andalusia?
Karena adanya ekspansi pasukan kaum muslimin kesemenanjung Lberia
(Andalusia), gerbang barat daya Eropa, dan serangan ini merupakan puncak
-ekspansi muslim kewilayah Afrika-Eropa. Berhasil memukul mundur pasukan
Bizantium selamanya dari wilayah barat kartago dan perlahan-lahan meluaskan
penaklukannya sampai ke Atlantik, sehingga memberikan batu loncatan kepada
islam untuk menyerang Eropa. Terdorong olrh keberhasilan Tharif, dan melihat
adanya konflik penguasa dikerajaan Spanyol Gotik Barat, juga didorong oleh
hasrat untuk memperoleh barang rampasan, bukan hasrat untuk menaklukkan, Musa
mengutus seorang budak, badar yang sudah dibebaskan, Thariq bin Ziyad pada
tahun 711M, ke Spanyol memimpin 7000 pasukan, yang sebagian besar terdiri dari
orang-orang Barbar. Thariq bin Ziyad berhasil menguasai hampir seluruh kota
yang ada di semenanjung Lberia atas bantuan Musa bin Nusyair. Tujuannya untuk
menyebarkan islam di Eropa, dan memasukkannya menjadi bagian pemerintahan
islam.
Akhirnya Musa bin Nusyair mendekralasikan semenanjung Lberia sebagai dari
kekuasaan Bani Umayyah yang berpusat di Damaskus. Beliau diberi gelar
Ad-dakhil, karena ia adalah pangeran Dinasti Umayyah pertama yang menginjakkan
kakiknya disemenanjung Lberia.
2. Sebutkan dan jelaskan kemajuan apa saja
yang terjadi di Andalusia pada masa Dinasti Umayyah!
Dalam rentang waktu selama kurang lebih tujuh setengah abad, umat islam di
Spanyol telah mencapai kemajuan yang pesat. Baik dibidang ilmu pengetahuan
maupun kebudayaan. Berabagai disiplin ilmu berkembang pesat pada masa itu. Hal
ini ditandai dengan banyaknya bermunculan figur-figur ilmuwan yang cemerlang
dibidangnya masing-masing, dan sampai sekarang buah pikiran mereka menjadi
bahan rujukan para akademisi, baik dibarat maupun ditimur. Adapun kemajuan
dibidanng ilmu pengetahuan adalah:
1. Filsafat
2. Sains
3. Bahasa sastra dan musik
4. Sejarah dan geografi
5. Fiqh
3. Jelaskan penyebab terjadinya kemunduran
dan kehancuran islam di Andalusia?
a. Munculnya khalifah –khalifah yang
lemah .
Setelah Hakam II wafat digantikan oleh Hisyam II yang berusia 11 tahun.
Karena tidak mampu mengendalikan roda pemerintahan, jalannya pemerintahan
dikendalikan oleh ibunya, dengan dibantu oleh Muhammad Ibn Abi umar yang
bergelar Hajib Almansur yang haus kekuasaan dan ambisius. Sejak saat itu
khalifah hanya dijadikan sebagai boneka oleh Almansur dan penggantinya.
b. Konflik islam dan Kristen.
Pertentangan islam dan Kristen tak pernah berhenti sampai jatuhnya
kekuasaan islam. Orang –orang slalu merasa bahwa kehadiran umat islam merupakan
ancaman bagi mereka. Setelah kekuasaan islam satu per satu kota-kota yang
dikuasai umat islam jatuh ke tangan umat Kristen.
c. Munculnya Muluk Ath-Thawaif.
Secara politis telah menjadi indikasi akan kemunduran islam di Spanyol,
karena dengan terpecahnya kekuasaan khalifah menjadi dinasti-dinasti kecil,
kekuatan pun terpecah –pecah dan lemah, keadaan ini mambuka peluang bagi
penguasa provinsi pusat untuk mempertahankan eksistensinya.
d. Kemerosotan ekonomi.
Diparuh kedua masa islam Spanyol, para penguasa mementingkan perkembangan
fisik dengan mendirikan bangunan-bangunan megah dan monumental. Selain itu,
banyak anggaran Negara yang terserap untuk membiayai tentara bayaran demi
keamanan Negara.
e. Sistem peralihan kekuasaan yang
tidak jelas.
Adanya perebutan kekuasaan antara elit penguasaan maupun antar putra
mahkota. Terjadinya perebutan kekuasaan ini menyebabkan perang antar elit atau
keluarga yang pada akhirnya dapat menggorogoti kekuatan dan stabilitas
Negara.
15.DINASTI FATHIMIYAH
Soal
1. Dimanakah pusat pemerintahan Dinasti
Fathimiyyah?
2. Berapa lama Dinasti Fathimiyyah berkuasa?
3. Pada tahun 973 M pusat pemerintahan
Dinasti Fathimiyyah dipindahkan ke Kairo, apa persiapan awal yang dijalankan
pertama sekali oleh khalifah?
4. Bagaimana pola pemerintahan yang
dijalankan Dinasti Fathimiyyah?
5. Sebutkan dewan-dewan yang bertanggungjawab
pada pemerintahan Dinasti Fathimiyyah?
Jawab
1. Dinasti Fathimiyyah berpusat di lembah
Nil, Kairo.
2. Kekhalifahan ini berkuasa selama lebih
kurang 203 tahun yaitu sejak tahun 909 sampai tahun 1171 M.
3. Persiapan awal yang dijalankan pertama
sekali olehnya adalah:
a. merangkul kelompok yang ingin
memberontak
b. mempersiapkan tentera untuk melakukan
penyerangan
c. membangun jalan raya menuju ke Mesir
d. menggali sumur-sumur di pinggiran jalan
raya menuju ke Mesir
e. membangun rumah tempat
peristirahatan (tentera)
f. mempersiapkan dana (keuangan guna
perbekalan bagi pasukan Fathimiyah.4 Sebagai Panglima yang dipercayakan
memimpin tentera pada penaklukan Mesir itu, Jauhar menjalankan aksi politik
Fathimiyah bagi penduduk Mesir yaitu dengan :
g. memberikan keyakinan kepada penduduk
tentang kebebasan mereka menjalankan ibadah menurut agama dan mazhab mereka.
4. Pola pemerintahan yang dijalankan
Fathimiyyah mengikuti pola pemerintahan bani Abbasiah di Bahgdad. Kepemimpinan
dikonsentrasikan kepada Khalifah dan dibai'ah lewat seremoni yang megah.
5. Dinasti
Fathimiyyah terdiri atas 5 Dewan, yaitu:
a. Dewan Insya', bertanggung jawab pada
pembangunan.
b. Dewan Iradah al-Maliah, bertanggung
jawab pada bagian keuangan negara.
c. Dewan Iradah al-Mahalliyah,
urusan pemerintahan Daerah.
d. Dewan al-Jihad, pada urusan pembangunan
angkatan bersenjata
e. Dewan Rasail, pelayanan Pos.
17.MASA DAULAH BANI SALJUK
1. Jelaskan awal terbentuknya bani saljuk!
Bani Saljuk berasal dari beberapa kabilah kecil rumpun
suku Ghuz di wilayah Turkistan. Pada abad kedua, ketiga, dan keempat Hijrah mereka
pergi ke arah barat menuju Transoxiana dan Khurasan. Ketika itu mereka belum bersatu. Mereka dipersatukan
oleh Saljuk ibn
Tuqaq. Karena itu,
mereka disebut orang-orang Saljuk. Pada mulanya Saljuk ibn
Tuqaq Rahimahullah mengabdi kepada Bequ, raja daerah Turkoman yang meliputi wilayah sekitar laut Arab dan laut Kaspia.
2. Sebutkan
kesultanan bani saljuk sepeninggal Thugril Bek Rahimahullah!
Daulah Saljuk berturut-turut diperintah
oleh :
1. Alib Arselan Rahimahullah (455-465
H/1063-1072),
2. Maliksyah (465-485 H/1072-1092),
3. Mahmud al- Ghozi (485-487 H/1092-1094 M),
4. Barkiyaruq (487 -498 H/1 094-1103),
5. MalikSyah II (498 H/ 1103 M),
6. Abu Syuja’ Muhammad (498-511 H/11 03-1117
M),dan
7. Abu Haris Sanjar (511-522H/1117-1128 M).
3. Kejayaan seperti apakah yang bisa
dilakukan oleh daulah bani saljuk?
Kesultanan Saljuk telah ikut membangkitkan semangat
ilmiyah di wilayah yang menjadi kekuasaannya. Mereka juga telah mampu
menyebarkan rasa aman diwilayah itu.Mereka mampu menghadang gerakan salibisme
yang di pimpin Imperium Byzantium,sebagaimana mereka juga telah berusaha untuk
menghadang gelombang sebuah Mongolia. Mereka mampu mengangkat tinggi-tinggi
panji-panji Madzhab Sunni di wilayah wilayah kekuasaanya.
4. Apa gunanya bani
saljuk membangunn makam yang megah yang terkenal dengan makam model bani
saljuk?
Bangunan makam yang megah dibangun pada era Saljuk tak
hanya ditujukan untuk menghormati para penguasa yang sudah meninggal. Namun,
para ulama dan sarjana atau ilmuwan terkemuka pun mendapatkan tempat yang sama.
5. Apa factor penyebab
mundurnya daulah bani saljuk?
Faktor – fator itu antara lain:
1. Perselisihan yang
terjadi di dalam keluarga Saljuk antara saudara mereka, paman, keponakan dan
cucu.
2. Masuknya pengaruh
kaum wanita dalam pemerintahan.
3. Dimunculkan api
fitnah oleh para pejabat dan menteri.
4. Lemahnya para
Khalifah Bani Abbas dalam menghadapi kekuatan militer Saljuk. Sehingga
pemerintahan Bani Abbas tidak mampu menolak siapapun yang duduk di kursi
kesultanan Saljuk dan mendengungkan khutbah untuk semua pemenang yang kuat.
5. Ketidak mampuan
pemerintahan Saljuk dalam menyatukan wilayah Syam, Mesir dan Irak di bawah
panji kekuasaan Bani Abbas.
6. Terjadinya friksi di
dalam kekuasaan Saljuk sehingga menimbulkan bentrokan militer yang terus
menerus. Inilah yang menghancurkan kekuatan Saljuk hingga dia harus kehilangan
kesultanannya di Irak.
7. Konspirasi orang –
orang aliran Bathiniyah terhadap kesultanan Saljuk yang mereka lakukan dengan
cara membunuh dan menghabisi para sultan dan pemimpin – pemimpin mereka.
8. Perang Salib yang
datang dari belakang samudera serta pertempuran kesultanan Saljuk dengan
pasukan Barbarik yang berasal dari Eropa.
18.PELAPISAN SOSIAL MENURUT AJARAN ISLAM
1. Apa yang
dimaksud dengan pelapisan sosial?
Pelapisan sosial adalah tingkatan-tingkatan kedudukan manusia dalam suatu
lingkungannya. Dalam agama hindu ada dinamakannya kasta yang terdiri dari
brahmana, priyayi, dan kesatria.
2. Bagaimana pelapisan masyarakat dalam
ajaran islam?
Manusia sebagai makhluk sosial, posisi atau kedudukan di antara manusia
yang lain, dalam pandangan Islam di butuhkan oleh hal-hal yang di perolehnya
sebagai hasil proses belajar yaitu keimanan dan amalnya. Sataus sosial yang di
perolehnya berdasar status yang di upayakan ikhtiar atau achieved
status. Islam lebih menghargai hal-hal yang diperoleh dengan ikhtiar. Bahwa
iman perlu di manifestasikan dalam bentuk takwa. Dan Allah SWT memandang
ketakwaan merupakan hal yang menetukan derajat manusia sebagai makhlik sosial.
3. Bagaimana stratifikasi masyarakat dalam
islam?
Stratifikasi umat
Islam berdasarkan ketaqwaan digambarkan Allah sebagai berikut:
a. Golongan Nabi
b. Golongan Orang yang Shidiq.
a. Golongan Nabi
b. Golongan Orang yang Shidiq.
Contoh sahabat Nabi yang dapat gelar Ash-Shiddiq: Abu
Bakar.
c. Golongan Orang yang Mati Syahid
d. Golongan Orang yang Sholih.
c. Golongan Orang yang Mati Syahid
d. Golongan Orang yang Sholih.
4. Bagaimana keadaan masyarakat arab dalam
pelapisan masyarakat pra islam?
Pada
zaman pra-Islam --sering disebut masa Jahiliyyah-- terdapat dua
stratifikasi sosial yang timpang, yaitu masyarakat kelas atas (elit) yang
hegemonik --baik secara sosial, politik maupun ekonomi-- dan masyarakat kelas
bawah (subordinate) yang tak berdaya. Demikianlah setting sosial-politik yang
terjadi pada masyarakat Arab (Makkah-Madinah) pra-Islam.
19.Kedudukan Wanita Dalam Rumah Tangga
1. Apa sebenarnya kodrat seorang wanita?
Wanita memiliki kesamaan dalam berbagai hak dengan pria, namun sebagai
wanita ia memiliki kodrat dan berbagai keterbatasan dibanding laki-laki.
Menurut Yusuf Qardhawy, wanita
telah disiapkan Allah memiliki perasaan yang sensitif untuk mendukung
tugas-tugas keibuannya. Rumah tangga sebagai kerajaan kecil dari suatu
keluarga, memang sudah selayaknya dipimpin oleh seorang pria.
2. Apa saja yang menjadi fungsi dan tugas
wanita yang sesuai dengan kodratnya?
-Sebagai Kepala Rumah Tangga
Kepemimpinan dan tugas-tugas keluarga itu lebih banyak dilakukan oleh
pihak wanita. Dengan kelemah-lembutannya, seorang wanita sebagai ibu
rumah tangga dapat berperan sebagai faktor penyeimbang kaum pria dalam kehidupan
keluarga. Wanita dapat mengerjakan apa yang tidak dapat (sempat) dikerjakan
oleh pria, seperti mengatur urusan rumah tangga, memasak, mengasuh, mendidik
anak-anak menyiapkan keperluan suami maupun anak-anaknya, dan sebagainya.
-Sebagai ibu dari anak-anaknya
Sebagai seorang wanita, belum sempurna statusnya sebagai seorang istri,
bila belum memiliki anak. Hamil dan melahirkan anak-anak adalah anjuran agama.
Wanita juga ikut bertanggung jawab untuk mendidik anaknya dengan baik, agar ia
cerdasdan berakhlak baik, sehingga menjadi manusia yang berkualitas. Anak
yang cerdas dan berbudi pekerti baik (berkualitas) tidak mungkin akan
hidup terlantar dan menjadi beban bagi orang lain di kemudian hari.
3. Menurut islam bagaimanakah wanita ideal
utuk di peristri?
Dalam islam lebih menekankan dalam mencari calon istri yang solehah dan
cerdas, agar kelak bisa menjadi istri yang paham akan perannya sebagai
istri dan ibu yang baik dalam mendidik anak-anaknya, sehingga tercipta
generasi yang baik dan melahirkan keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah.
4. Bagaiman menurut anda potret wanita
kontemporer seperti sekarang ini, apakah mereka telah melaksanakan perannya
dengan baik?
Kebanyakan sekarang kaum wanita lupa akan perannya sebagai seorang istri,
wanita sekarang lebih mengagungkan kesuksesaannya diluar dari pada
kesuksesaannya dalam berumah tangga. Dalam islam, wanita dibolekan bekerja dan
berkarier atas izin suami, tetapi harus bisa menyeimbangkan kegiatan diluar dan
melaksanakan tugas sebagai istri yaitu mengurus rumah tangga dan mendidik
anak.
5. Bagaimanakah kedudukan wanita dalam rumah
tangga dalam pandangan islam?
Kedudukan wanita dalam rumah tangga menurut islam begitu sangat dimuliakan,
karena dalam islam wanita juga memiliki peran yang penting dalam rumah tangga
yang sama seperti kaum laki-laki yang memiliki tangung jawab pada keluarganya.
Rumah tangga sebagai kerajaan kecil dari suatu keluarga, memang sudah
selayaknya di pimpin oleh seorang pria.
20.Pusat-pusat Perdagangan atau perekonomian pada masa Dinasti
Abbasyiah
SOAL
1.
Tuliskan rute-rute perjalanan dagang yang dilalui saudagar dalam kegiatan
dagang pada masa dinasti abbasiyah?
2.
Bidang industri apa saja kah yang sangat terkenal dan berkembang pada masa
dinasti abbasiyah?
3.
Usaha apa yang dilakukan untuk memajukan perdagangan pada masa abbasiyah?
4.
Barang-barang dagangan apa saja yang diimpor pada saat itu?
5.
Bagaimana gambaran perkembangan ekonomi pada masa dinasti abbasiyah?
JAWABAN
1.
Adapun rute-rute perjalanan dagang yang dilalui pada saat itu adalah
a.
Dari barat ke timur via Mesir, memakai rute ini Kebanyakan para pedagang Yahudi
yang menjadi mitra usaha saudagar muslim dan Irak. Di istahan mereka mempunyai
perkampungan dagang yang disebut Havi Yahudi (lorong Yahudi)
b.
Dari Eropa ke Timur Via Antiokh terus ke Baghdad melalui sungai efrat, kemudian
teluk Persi, Yaman, India dan China
c.
Dari utara Rusia ke timur melalui laut Kaspia kemudian ke Marx, Balk, Bukhara,
Samarkhand, Transoxiana, dan China
d.
Jalur darat dari Eropa ke timur dimulai dari Andalusia, melalui Jabal Tarik ke
Maroko, Tunisia, Mesir, Damaskus, Irak (Baghdad, Basrah, dan Kuffah) lalu ke
Iran, Kirman, India dan berakhir di China. Para saudagar muslim yang berniaga
lewat jalur ini sekarang disebut silk road (jalur sutra). Disebut demikian
karena salah satu barang dagangan yang diangkut berupa sutra.
e.
Jalur laut dan Teluk Persi, Gujarat, Selat Malaka, Jawa, Laut China ke Kanton
(China)
2.
Bidang industri yang berkembang saat itu adalah:
a. Industri
gelas dan tembikar
b. Industri
tekstil dan tenun terdapat di Myat, Kabul, Transoxiana, Maroko Andalus, Merx
dan Mesir mosul sejak awal terkenal dengan pembuatan permadani yang khas, sedangkan
kain kepala dari sutra yang hingga kini dikenal dengan sebutan kufiah, Damaskus
terkenal dengan pembuatan kain Dumas yang disulami dengan benang emas dan
kain-kain tirai yang dibuat dari pintalan sutra.
c. Kertas
telah lama dikenal orang di Cina. Ketika Samarkhand ditaklukkan kaum muslimin
(704 M), di kota ini terdapat pabrik kertas tulis yang diproduksinya sangat
halus dan bagus, pada akhir ke 8 M. Baghdad telah memiliki pabrik kertas
tersendiri. Dari kaum muslimin di Spanyol bangsa Eropa mengenal kertas abad ke
12 dan 13 M
d. Industri
pertimbangan, penggalian perak, kuningan, timah, dan besi terdapat di daerah
Afrika dan Andalus.
e.
Penggilingan gula tebu menyebar di sebelah barat daya Persia, Basrah, dan
Tusthat, begitu juga pengolahan minyak jaitun yang menjadi pelezat makanan
terdapat di Andalus Maroko dan Mesir.
f.
Selain jenis industri yang tercantum di muka dinasti Abbasiyah menggalakan
industri pembuatan lilin, sabun kerajinan kulit, galangan kapal perang dan
lain-lain
3. Untuk memajukan usaha perdagangan nasional
maupun Internasional, para khalifah Menempuh beberapa usaha antara lain:
memperbanyak jumlah sumur-sumur dan tempat peristirahatan para khalifah dagang
yang Menempuh rute daratan dan kemudian mendirikan menara-menara, pengontrol
armada laut dan membentuk pasukan pengamanan untuk kebutuhan perdagangan jalur
laut.Para saudagar, terutama yang berniaga melalui jalur darat dan Asia barat
dan tengah hingga ke daratan Cina dan India sangat besar jasanya dalam
menyebarkan agama Islam di wilayah-wilayah yang dikunjunginya.
4.
Pada masa dinasti abbasiyah barang dagangan yang mampu diimpor adalah:
rempah-rempah, kapur barus,dan sutra, gading, kayu eboni, dll.
5. Gambaran keadaan
perkembangan ekonomi pada saat itu adalah yang mana Ekonomi imperium Abbasiyah
digerakkan oleh perdagangan. Sudah terdapat berbagai macamindustri sepertikain
linen di mesir, sutra darisyiria dan irak, kertas dari samarkand, serta
berbagai produk pertanian sepertigandum dari mesir dan kurma dari iraq.
Hasil-hasil industri dan pertanian ini diperdagangkan ke berbagai wilayah
kekuasaan Abbasiyahdan Negara lain.Karena industralisasi yang muncul di
perkotaan ini, urbanisasi tak dapat dibendung lagi. Selain itu, perdagangan
barang tambang juga semarak. Emas yang ditambang dari Nubia dan Sudan
Barat melambungkan perekonomian Abbasiyah.Perdagangan dengan wilayah-wilayah
lain merupakan hal yang sangat penting. Secara bersamaan dengan kemajuan Daulah
Abbasiyah, Dinasti Tang di Cina juga mengalami masa puncak kejayaan sehingga
hubungan erdagangan antara keduanya menambah semaraknya kegiatan perdagangan
dunia.
21.PUSAT-PUSAT
ILMU PENGETAHUAN PADA MASA DINASTI ABBASIYAH
Soal
1. Sebutkan dimana saja pusat- pusat keilmuan
yang terpenting pada masa dinasti Abbasiyah?
2. Pada masa pemerintahan Khalifah Harun
al-Rasyid (786-809M) dan anaknya al-Ma’mun (813-833M) disebut sebagai masa
keemasan kota baghdad, Mengapa? Jelaskan?
3. Siapa sajakah para sintis, ulama, filosof,
dan sastrawan Islam terkenal yang lahir dan muncul di kota Baghdad pada masa
Dinasti Abbasiyah?
4. Dikatakan bahwa pada masa pemerintahan
Harun al-Rasyid dan al-Ma’mun perdagangan dan industri berkembang pesat,
mengapa demikian? Jelaskan?
5. Apa saja akademi, sekolah tinggi dan
sekolah biasa yang berdiri pada masa Dinasti Abbasiyah?
Jawab
1. Pusat- pusat keilmuan yang terpenting pada
masa Dinasti Abbasiyah adalah Hijjaz, Irak ,Mesir, Syam, Isfahan, Bukhara,
Thabristan, Ghazanah, Halab, Istana Ibnu Thulun dan Andalusia
2. Pada masa pemerintahan Khalifah Harun
al-Rasyid (786-809M) dan anaknya al-Ma’mun (813-833M) disebut sebagai masa
keemasan kota Baghdad karena ketika itu Baghdad menjadi pusat peradaban dan
kebudayaan tertinggi didunia. Ilmu pengetahuan dan sastra berkembang secara
pesat.Khalifah al-Ma’mun memiliki perpustakan yang dipenuhi dengan beribu-ribu
buku ilmu pengetahuan . Perustakaan itu bernama al –Hikmah. Dari kota inilah
memancar sinar kebudayaan dan peradaban islam keseluruh dunia.
3. Di kota Baghdad ini lahir dan muncul para
sintis, ulama, filosof, dan sastrawan Islam terkenal, seperti al-Khawarizm
(ahli astronomi dan matematika, penemu ilmu aljabar), al- Kindi (filosof arab
pertama), al-Razi (filosof, ahli fisika dan kedokteran), al-farabi(filosof
besar yang dijuluki dengan al-Mu’allim al-Tsani, guru kedua setelah
Aristoteles), tiga pendiri manjahab hukum islam (Abu Hanifah, Syafi’I dan Ahmad
ibn Hambal), Al-Ghazali (filosof, teolog dan sufi besar dalam islam yang
dijuluki dengan Hujjah al-islam), Abd al-Qodir al-Jailani (pendiri tarekat
qadiriyah), Ibn Muqaffa’ (sastrawan besar), dan lain-lain.
4. Pada masa Harun al-Rasyid dan al-Ma’mun
perdagangan dan industri berkembang pesat hal ini ditandai dengan meningkatnya
kehidupan ekonomi kota ini yang didukung oleh adanya tiga buah pelabuhan yang
ramai dikunjungi para kafilah dagang internasional (Cina, India, Asia Tengah,
Syiria, Persia, Mesir, dan negeri Afrika lainnya), yaitu dua pelabuhan di
Basrah dan pelabuhan Sirat di teluk Persia.
5. Pada masa dinasti Abbasiyah banyak berdiri
akademi, sekolah tinggi dan sekolah biasa yang memenuhi kota itu. Dua
diantaranya yang terpenting adalah perguruan Nizhamiyyah, didirikan oleh Nizham
al- Mulk, wazir Sultan Seljuk, pada abad ke-5 H dan perguruan Muntanshiriyah,
didirikan dua abad kemudian oleh khalifah al-Muntanshir Billah.
22.SISTEM PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN PADA MASA DINASTI ABBASIYAH
Soal
1. Jelaskan tahap-tahap perkembangan ilmu
pengetahuan dan filsafat dalam sejarah Islam?
2. Apa saja cabang ilmu pengetahuan yang
berkembang pada masa Dinasti Abbasiyah?
3. Pada masa dinasti Abbasiyah lahir para
filosof islam yang kemudian menjadi bintang dunia filsafat, siapakah
mereka?
4. Apa yang melatarbelakangi lahirnya ilmu
geografi pada masa Dinasti Abbasiyah?
5. Sebutkan para sarjana ilmu falak dan ilmu
bintang yang termansyur pada masa Dinasti Abbasiyah?
Jawab
1. Secara umum perkembangan ilmu pengetahuan
dan filsafat dalam sejarah islam ditempuh dengan beberapa tahap.
- Pertama tahap
penerjemah dari bahasa asing ke dalam bahasa arab. Tahap ini memang berlangsung
lebih lama (750-850 M). Kegiatan penerjemah dilakukan oleh kaum muslimin secara
terbuka dan bekerja sama dengan penterjemah dari agama yahudi dan nasrani.
- Tahap kedua,
karya-karya ilmiah yang telah diterjemahkan, kemudian diberi syarah atau
komentar oleh kaum muslimin dan diberikan persesuaian dengan agama. Oleh sebab
itu pada periode tersebut lahir beberapa komentator muslim terhadap karya-karya
ilmiah orang-orang yunani dan persia seperti yang telah dilakukan filosof
persia.
2. Cabang ilmu pengetahuan yang berkembang
ada dua bidang ilmu yakni ilmu-ilmu naqli dan ‘aqli.
I.
Perkembangan Ilmu Naqli (ilmu yang bersumber dari al qur’an dan hadist)
a. Ilmu tafsir
b. Ilmu hadis
c. Ilmu kalam
d. Ilmu hukum (fiqh)
e. Ilmu tasawuf
f. Ilmu bahasa
II.
Perkembangan Ilmu Aqli (ilmu yang didasarkan kepada pemikiran (rasio))
a. Filsafat
b. Al-Thib (kedokteran)
c. Farmasi dan Kimia
d. Ilmu falak (astronomi)
e. Ilmu hitung (matematika)
f. Ilmu tarikh (sejarah)
g. Ilmu jughrafia (geografi)
3. Para filosof islam itu seperti:
- Al-Kindi (801-873
M/ 185-260 H)
- Ar-Razy (864-926M/
250-313 H)
- Al-Farabi (872-950
M/ 259-339 H)
- Ibnu Sina (980-1036
M/ 370-428H)
4. Ilmu geografi terjadi karena hubungan kota
Baghdad sebagai ibukota negara dengan kota-kota lain, baik hubungan darat
maupun laut, pesat sekali. Hal ini menimbulkan kegiatan rihlah ilmiah yang
kemudian ditulis dengan diterangkan secara jelas tempat-tempatnya serta hal
ihwalnya. Cerita yang berasal dari kisah perjalanan itu akhirnya berkembang menjadi
ilmu sehingga menjurus kepada pembuatan peta. Disinilah awal mula munculnya
ilmu Geografi.
5. Di antara para sarjana ilmu falak dan ilmu
bintang yang termansyur adalah : Abu Ma’syar al-falaky, Jabir Batany, Abu
Hasan, al-Biruny, Al-Farghani, Al-Battani.
23.LEMBAGA-LEMBAGA
PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA DINASTI ABBASIYAH
Soal
1.
Apa lembaga pendidikan Islam yang pertama? Jelaskan?
2.
Apa saja lembaga pendidikan Islam pada permulaan Daulah Dinasti Abbasiyah?
3.
Pada awal kebangkitan Islam pendidikan Islam terbagi atas dua tingkatan,
sebutkan dan jelaskan?
4.
Apa yang melatarbelakangi kemajuan dalam bidang keilmuan pada masa Dinasti Abbasiyah?
5.
Pada masa
Abbasiyah bidang pendidikan mengalami masa keemasan. Popularitasnya mencapai
puncaknya pada masa khalifah al-Rasyid dan putranya, khalifah al-Makmun. Kemajuan itu ditandai dengan dengan? Jelaskan?
Jawab
1.
Lembaga pendidikan Islam yang pertama adalah mesjid. Di samping sebagai pusat
pelaksanaan ibadah shalat maka mesjid berfungsi pula sebagai penyebar ilmu
pengetahuan. Di setiap mesjid para ulama mengajar berbagai macam ilmu dan di
mesjid telah disiapkan pula ruangan baca atau perpustakaan khusus.
2.
Pada
permulaan daulah Abbasiyah ada
beberapa lembaga pendidikan Islam antara lain, yaitu :
a.
Kuttab
b.
Halaqah
c.
Masjid
d.
Majelis Munadharah
e.
Baitul
Hikmah
f.
Madrasah Nidhamul muluk
3.
Dua tingkatan pendidikan Islam itu adalah:
a.
Maktab/ kuttab dan masjid, yaitu lembaga pendidikan terendah, tempat
anak-anak mengenal dasar-dasar bacaan, hitungan dan tulisan; dan tempat para
remaja belajar dasar-dasar ilmu agama, seperti tafsir, hadis, fiqih, dan
bahasa.
b.
Tingkat pendalaman, para pelajar yang ingin memperdalam ilmunya pergi
keluar daerah menuntut ilmu kepada seorang atau beberapa orang ahli dalam
agama. Pengajarannya berlangsung di masjid-masjid atau di ulama bersangkutan.
Bagi anak penguasa, pendidikan biasanya berlangsung di istana atau di rumah
penguasa tersebut dengan mendatangkan ulama ahli.
4. Yang melatarbelakangi kemajuan
dalam bidang keilmuan tersebut adalah:
- Keterbukaan
budaya umat Islam untuk menerima unsur-unsur budaya dan peradaban dari luar,
sebagai konsekuensi logis dari perluasan wilayah yang mereka lakukan.
- Terjadinya
asimilasi antara bangsa Arab dengan bangsa-bangsa lain yang lebih dahulu
mengalami perkembangan dalam bidang ilmu pengetahuan.
- Gerakan
penterjemahan guna menciptakan tradisi keilmuan yang kondusif.
5. Kemajuan tersebut ditentukan oleh
dua hal:
a.
Terjadinya asimilasi antara bangsa Arab dengan bangsa lain yang telah dahulu
mengalami perkembangan dalam ilmu pengetahuan.
b. Gerakan penterjemahan guna
menciptakan tradisi keilmuan yang kondusif
24.PENGARUH ISLAM TERHADAP DUNIA BARAT
Soal
1. Bagaimana kondisi Eropa sebelum kedatangan
Islam?
2. Bagaimana
proses penerjemahan yang dilakukan ilmuwan muslim dalam menerjemahkan
karya-karya Yunani?
3. Apa kontribusi terpenting yang telah
diberikan Islam terhadap dunia pada masa-masa
permulaan perkembangan kekuasaan Islam?
4. Sebutkan para
ilmuwan muslim yang masyhur dan berkaliber internasional?
5. Apa yang
melatarbelakangi Uskup Agung Raymond di Spanyol mendirikan Badan Penterjemah di
Todelo?
Jawab
1. Sebelum Islam
datang, menurut Gustav Le Bon, Eropa berada dalam kondisi kegelapan, tak satu
pun bidang ilmu yang maju bahkan lebih percaya pada tahayul. Kondisi kegelapan
Eropa pada zaman pertengahan (Abad 9 M) bukan hanya pada aspek mental-dimana
cenderung bersifat takhayul, demikian pula halnya dalam aspek fisik material.
2.
proses penterjemahan yang dilakukan ilmuwan muslim tidak hanya menterjemahkan
karya-karya Yunani secara ansich, tetapi juga mengkaji teks-teks itu, memberi
komentar, memodifikasi dan mengasimilasikannya dengan ajaran Islam. Sains,
filsafat dan kedoketeran Yunani diadapsi sehingga masuk kedalam lingkungan
pandangan hidup Islam. Proses ini menggambarkan betapa tingginya tingkat
kreativitas ilmuwan muslim sehingga dari proses tersebut telah melahirkan
pemikiran baru yang berbeda sama sekali dari pemikiran Yunani dan bahkan boleh
jadi asing bagi pemikiran Yunani.
3.
Pada masa-masa permulaan perkembangan kekuasaan, Islam telah memberikan
kontribusi kepada dunia berupa tiga jenis alat penting yaitu paper (kertas),
compass (kompas) and gunpowder (mesin).
4. Para ilmuwan muslim
yang mashur dan berkaliber internasional seperti :
-
Al-Biruni (fisika, kedokteran);
-
Jabir bin Hayyan (Geber) pada ilmu kimia;
-
Al-Khawarizmi (Algorism) pada ilmu matematika;
-
Al-Kindi (filsafat);
-
Al-Farazi, Al-Fargani,
-
Al-Bitruji (astronomi);
-
Abu Ali Al-Hasan bin Haythami pada bidang teknik dan optik;
-
Ibnu Sina (Avicenna) yang dikenal dengan Bapak Ilmu Kedokteran Modern;
-
Ibnu Rusyd (Averroes) pada bidang filsafat;
-
Ibnu Khaldun (sejarah, sosiologi). Mereka telah meletakkan dasar pada berbagai
bidang ilmu pengetahuan.
5.
Uskup Agung Raymond di Spanyol mendirikan Badan Penterjemah di Todelo adalah
sebagai tempat menterjemahkan sebagian besar karangan sarjana-sarjana Muslim
tentang ilmu pasti, astronomi, kimia, kedokteran, filsafat, dll, dimana waktu
yang dibutuhkan untuk menterjemahkannya yaitu lebih dari satu setengah abad
(1135-1284 M).
25.Organisasi –Organisasi Islam di Indonesia Sebelum Kemerdekaan
1. Apa yang melatar belakangi berdirinya
organisasi- organisasi islam Indonesia?
Pada tahun 1803 tiga orang tokoh haji, yaitu haji miskin, haji sumanik,
haji sumanik, dan haji piobang pulang serbuan dari ajakan gerakan Wahabi
(gerakan modern pemurni aqidah islam, pimpinan Muhammad bin Abd. Wahab).
Pengaruh gerakan gerakan Wahabi sangat besar terhadap ketiga tokoh yang baru
pulang dari tanah suci ini, setibanya di kampong halaman dan menyaksikan
sejumlah perilaku amoral dari tetua adat seperti menyabung ayam, berjudi dan
minum arak.
2. Jelaskan latar belakang berdirinya
Muhammadiyah!
Muhammadiyah yang didirikan pada tahun 18 november 1912 M. organisai ini
mempunyai karakter tersendiri sebagai gerakan social keagamaan. Titik tekan
perjuangannya mula-mula adalah pemurnian ajaran islam dan bidang pendidikan.
Muhammadiyah memounyai pengaruh yang berakar dalam upaya pemberantasan Bid’ah
Khurafat dan Tahayyul.inti gerakan pemurnian ajaran islam seperti pendahulunya,
Ibnu Tamiyah dan Muhammad bin Abdul Wahab cukup bergema. Ahmad Dahlan dan
pengikutny akendati mempunyai pendekatan psikologis dalam menerapkan ide-ide
pembaruan, namun mereka cukup teguh pendirian dalam upaya menegakkan ajaran
islam yang murni sesuai al-quran dan hadis, mengagungkan ijtihad intelektual
bila sumber-sumber hokum yang lebih tinggi tidak bisa digunakan lagi, termasuk
juga menghilangkan taklid dalam praktik fiqh dan menegakkan amar ma’ruf nahi
mungkar.
3. Jelaskan latar belakang berdirinya Sarekat
Islam!
SI merupakan organisasi politik islam modern yang muncul di awal abad
ke-20. Titik perjuangannya sangat populis, berbeda dengan budi utomo yang
keanggotannya banyak dari kalangan priai Jawa dan Madura, maka SI merekrut
keanggotaannya dari kalangan awam dan para petani di pedesaan. Dari sisi ini,
tentu saja banyak mendapat sokongan baik moral maupun financial.
4. Jelaskan aliran apa yang dianut oleh
Nahdatul Ulama dan kapan berdirinya?
Nahdatul Ulama (NU) sebagai organisasi keagamaan (jam’iyah Islamiyahh)
besar, malah mungkin terbesar dalam jumlah aggotanya di Indonesia, sejak
berdirinya pada tanggal 31 Januari 1926 M. telah menyatakan diri sebagai
organisaiss islam berhaluan ahlusunnah waljama’ah”, yang dalam aqidah mengikuti
aliran Asy’ariyah-Maturidiya, dalam syari’ah / fiqih mengikuti salah
satu madjhab empat hanafi-maliki-syafi’i dan Hambali, dan dalam tashawwuf
mengikuti Al-Junaidi dan Al-Ghozali.
5. Siapa pendiri Muhammadiyah! Dan kapan
Muhammaadiyah didirikan!
Gerakan Muhammadiyah yang didirikan oleh K.H Ahmad Dahlan pada tahun 18
november 1912 M.
26.Mazhab
dan Firqoh dalam Islam Pada Masa Dinasti Umawiyah
1.
Apakah Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kehancuran Daulah Umayyah - faktor
Jawabannya:
factor – factor tersebut
·
Ketidakjelasan dalam pergantian kepemimpinan menyebabkan terjadinya persaingan
yagn tidak sehat dalam di kalangan keluarga Istana.
·
Latar belakang ternbentuknya dinasti Umayyah tidak bisa dipisahkan dari
konflik-konflik politik. Penumpasan terhadap gerakan-gerakan oposisi banyak
menyedot kekuatan pemerintah.
· Hidup mewah dilingkungan
istana, sehingga anak-anak khlaifah tidakk sanggup memikul beban berat
kenegaraan tatkala mereka diwarisi kekuasaan.
Munculnya
kekuatan baru yagn dipelopori oleh keturunan al-Abbas ibn Abd Al Muthalib.
Gerakan ini mendapat dukungan penuh dari bani Hasyim dan golongan Syi’ah, dan
kaum mawalli merasa dikelasduakan oleh pemerintah bani Umayyah
2.
Tuliskan defenisi dari Bani Umayyah?
Jawabannya:
Umaayyah adalah daulah yang pertama kali memperkenalkan system administrasi
barat dalam dunia pemerintahan Islam
3.
Tuliskan 4 departemen pada masa pemerintahan Abdul Malik?
Jawabannya:
Empat departemen pokok tersebut
·
Kementrian pakjak tanah, tugasnya mengawasi departemen keuangan.
·
Kementrian Khatam, yang bertugas merancang dan mengesahkan ordonansi
pemerintah.
·
Kementrian surat-menyurat, dipercayakn untuk mengontrol pemasalahn di
daerah-daerah dan semkua komunikasi dari Gubernur-gubernur.
·
Kementrian urusan perpajakan.
4.
Bagaimanakah system pemerintahan Dinasti Umayyah?
Jawabannya: Pergantian
pemerintahan pada Muawiyyah mengakhiri system pemerintahan Demokrasi Syoro,
pemerintahan menjadi monarki Heridetis/monarki Absolut. Penggantian khalifah
seperti ini dimulai dari sikap Muawiyyah yang mengangkat anaknya, Yazid sebagai
putra mahkota.
5.
Kapankah terjadinya masa kejayaan Umayyah ?
Jawabannya: Kaejayaan Umayyah
dimulai pada masa pemerintahn Abdul Malik. Ia dianggap sebagai pendiri daulah
Umayyah kedua, karena dapat mencegah disintegrasi yang telah terjadi sejak masa
Marawan.
27.PERANG SALIB
1. Apa itu perang salib? Dan apa ide dari
perang salib itu?
Perang salib adalah perang yang di gencarkan orang-orang kristiani dibarat
untuk membahaskan tanah tempat yesus hidup dan wafat dari kekuasaan islam.
Ide perang salib adalah perkembangan yang terjadi di Eropa Barat sebelumnya
pada abad pertengahan, selain itu juga menurunya pengaruh kekaisaran Byzantium
di timur yang disebabkan oleh gelombang baru serangan muslim Turki.
2. Apa saja factor terjadinya perang salib?
a. Faktor agama.
b. Faktor politik.
c. Faktor Sosial ekonomi.
3. Jelaskan perang salib periode pertama?
Perang salib pertama pada musim semi tahun 1095M, 1500 orang eropa,
sebagian besar bangsa perancis dan norman, berangkat menuju konstantinopel,
kemudian ke Palestina. Tentara salib saat itu dipimpin oleh Godfrey,Bohemond,
dan Raymond ini memperoleh kemenangan besar. Pada tahun yang sama mereka dapat
menguasai bahasa Turki=iznk adalah sebuah kota yang sekarang terletak di Negara
Turki. Mereka juga berhasil menduduki bait Al-Maqdis (15 Juli 1095 M).
4. Jelaskan perang salib periode kedua?
Perang salib kedua dipimpin oleh Paus Eungenius III, dan merupakan perang
salib pertama yang dipimpin oleh raja-raja Eropa, seperti Louis VII dari
Perancis dan Condrad III dari Jerman, dengan bantuan dari bangsawan-bangsawan
Eropa penting lainnya. Louis, Condrad, dan pasukannya berhasil mencapai
Yerussalem dan melancarkan serangan yang “keliru” ke Damaskus pada tahun 1148.
Perang salib di timur mencapai kemenangan. Tentara salib yang mampu menggapai
kemenangan adalah gabungan tentara salib Flandria, Frisia,Normandia,
Inggris,Skotlandia,dab Jerman. Mereka berlayar ke tanah suci. Ditengah
perjalanan, tentara tersebut berhenti dan membantu bangsa Portugis merebut
Lisboa tahun 1147. Sementara itu, perang salib utara dikobarkan sebagai upaya
untuk mengubah orang-orang yang manganut paganism menjadi beriman Kristen, dan
mereka harus berjuang selama berabad- abad.
5. Jelaskan perang salib periode ketiga?
Perang salib periode ketiga di pimpin oleh Frederick II (26 des 1194-13 des
1250), adalah salah satu yang paling kuat kaisar Romawi suci pada abad
pertengahan dan kepala rumah Hohenstaufen. Ambisi politikdan budaya, yang
berbasis di sisilia dan peregangan melalui italia ke jerman, dan bahkan ke
Yerussalem. Namun, musuh-musuhnya terutama para pemenang, dan dinastinya runtuh
segera setelah kematiannya. Pada tahun 1213M, mereka berhasil melalui dimyat.
Raja Mesir pada waktu itu adalah Malik Al kamil membuat perjanjian dengan
Federick, isinya antara lain: Federick bersedia melepaskan Dimyat, sementara
kerajaan Mesir melepaskan Palestina. Pada perkembangannya Palestina berhasil
direbut oleh kaum muslimin pada tahun 1247M.
28.PENYERBUAN KRISTEN DI SPANYOL (ANDALUSIA)
1. Apa yang menyebabkan
penyerbuan Kristen dispanyol?
Awal mula penyebab terjadinya penyerbuan umat Kristen ke spanyol karena
mereka ingin membebaskan kota-kota suci dari tangan –tangan islam, yang terjadi
pada perang salib, yang pada masa itu kurang lebih 8 abad kejayaan di spanyol
sehingga umat Kristen ingin mengusir umat islam dari spanyol dengan memerangi
umat islam.
2. Apa pengaruh islam di spanyol?
Spanyol merupakan tempat yang paling utama bagi eropa dalam menyerap
peradaban islam, baik dalam bentuk hubungan politik, sosial maupun perekonomian
dan peradaban abtar Negara. Eksistentsi perkembangan ilmu yang dikembangkan
oleh peradaban spanyol islam, mereka dapat melakukan ijtihad keilmuan.
3. Apa faktor penyebab kemunduran islam di
spanyol?
a. Adanya konflik islam dengan Kristen.
b. Tidak adanya ideologi pemersatu.
c. Kesulitan ekonomi.
d. Tidak jelasnya sistem peralihan kekuasaan.
e. Keterpencilan.
4. Jelaskan bagaimana masuk dan berkembangnya
islam di spanyol?
Berawal dari Abdur Rahman I yang berhasil melakukan perjalanan menuju
Palestina, Mesir, Afrika Utara, dan akhirnya masuk ke Andalusia( Spanyol) yang
kemudian tahun 138H/755M didirikanlah kerajaan baru di negeri itu. Abdur Rahman
I merupakan anggota keluarga Bani Umayyah yang berhasil lolos dari penyerbuan
Bani Abbasiyah. Sejak kepemimpinan beliau, rakyat spanyol hidup tentram sampai
kepemerintahan Khalifah Abdur Rahman III bahkan umat islam Spanyol pada masa
ini mencapai punjak kemajuan dan kejayaan menyaingi kejayaan daulat Abbasiyah
di Baghdad.
5. Setelah umat islam Kristen berhasil
memerangi bagaimana keadaan umat islam di Spanyol?
Setelah terjadi perang salib atas reaksi Kristen terhadap umat islam,
selanjutnya perpecahan pemerintahan islam di Spanyol pada tahun 1492 seluruh
spanyol resmi jatuh ke tangan Kristen. Dan akhirnya pada thun1556 penguasa
Kristen melarang pakaian Arab dan bahkan bahasa Arab dan orang islam
berada dan dipergunakan di seluruh wilayah Spanyol.
29.Penyerbuan Bangsa Mongol di Baghdad
1. Apakah dampak negative yang terjadi pada kota Baghdad setelah
jatuh ketangan bangsa mongol pada tahun 1258 M?
Jawabannya: dampak negatifnya yakni bangsa mongol bukan saja mengakhiri
khilafah Abbasiyah disana, tetapi juga merupakan awal dari kemunduran politik
dan peradaban islam karena Baghdad sebagai pusat kebudayaan dan peradaban islam
yang sangat kaya dengan khazanah ilmu pengetahuan.
2. Kapankah terjadinya masa keemasan kota Baghdad?
Jawabannya: Masa keemasan kota Baghdad terjadi pada zaman
pemerintahan khalifah Harun Ar Rasyid (786 -809 M) dan anaknya Al Ma’mun
(813-833 M) Baghdad ketika itu menjadi pusat peradaban dan kebudayaan yang
tertinggi di dunia dalam bidang ilmu pengetahuan dan sastra berkembang pesat.
3. Coba jelaskan bagaiman asal usul Bangsa Mongol?
Jawabannya: Bangsa Mongol berasal dari daerah pegunungan Mongolia yang
membentang dai Asia Tengah sampai ke Siberia utara, Tibet selatan dan Manchuria
Barat serta Turkistan Timur. Nenek moyang mereka bernama Alanja Khan yang
mempunyai 2 putera kembar Tartar dan Mongol.Kedua putera itu melahirkan 2 suku
bangsa besar Mongol dan Tartar.
31.Organisasi-Organisasi Islam di Indonesia
SOAL
1. Tuliskan nama-nama organisasi islam yang
berkembang di Indonesia?
2. Jelaskan penyebab lahirnya
organisasi-organisasi islam di Indonesia?
3. Kapan mulai berdirinya Nahdatul Ulama dan
siapa-siapa orang yang menjadi pendirinya?
4. Tuliskan langkah-langkah yang merupakan
cirri khas muhammadiyah?
5. Tujuan didirikan serikat dagang islam?
JAWABAN
1. Nama-nama organisasi islam yang berkembang
di Indonesia antara lain:
a. Serikat Dagang Islam (SDI)
b. Serikat Islam (SI)
c. Partai Serikat Islam (PSI)
d. Muhammadiyah
e. Persatuan Islam (PI)
f. Persatuan Ulama Seluruh Aceh (PUSA)
g. Persatuan Muslim Indonesia (PERMI)
h. Partai Islam Indonesia (PII)
2. Penyebab lahirnya organisasi-organisasi
islam lebih banyak karena didorong oleh tumbuhnya sikap patriotisme,dan rasa
nasionalisme serta sebagai respon terhadap kepincangan-kepincangan dikemunduran
total sebagai akibat ekploitasi politik pemerintah colonial belanda. Langkah
pertama diwujudkan dala bentuk kesadaran berorganisasi
Meskipun banyak cara yang ditempuh oleh pemerintah colonial belanda untuk membendung pergolakan rakyat Indonesia melalui dunia pendidikan, namun tidak banyak membawa hasil, bahkan berakibat sebaliknya, yaitu semakin menumbuhkan dan mengembangkan sikap dan rasa nasionalisme dikalangan rakyat dengan malalui pendidikan. Dengan sendirinya kesadaran berorganisasi yang dijiwai oleh perasaan nasionalisme yang tinggi, menimbulkan perkembangan dan era baru dilapangan pendidikan dan pengajaran.
Meskipun banyak cara yang ditempuh oleh pemerintah colonial belanda untuk membendung pergolakan rakyat Indonesia melalui dunia pendidikan, namun tidak banyak membawa hasil, bahkan berakibat sebaliknya, yaitu semakin menumbuhkan dan mengembangkan sikap dan rasa nasionalisme dikalangan rakyat dengan malalui pendidikan. Dengan sendirinya kesadaran berorganisasi yang dijiwai oleh perasaan nasionalisme yang tinggi, menimbulkan perkembangan dan era baru dilapangan pendidikan dan pengajaran.
3. Nahdatul ulama didirikan pada tanggal 16 Rajab 1344 H (33 januari 1926 M)
di Surabaya, pembangunannya ialah Alim Ulama dari Tiap-tiap daerah di jawa
timur. Diantaranya:
· KH. Hasyim
Asy’ari Tebuireng
· KH. Abdul wahab
Abdullah
· KH Bisri jombang
· KH Ridwan semarang
· KH. Nawawi Pasuruan
· KH. R. Asnawi
kudusKH. R. Hambali kudus
· K. Nakhrawi Malang
· KH. Doromuntaha
Bangkalan
· KH. M. Alwi Abdul Aziz,
dan lain-lain
4. Langkah yang diambil Muhammadiyah antara lain,
· memperteguh iman,
menggembirakan dan memperkuat ibadah, serta mempertinggi akhlak;
· mempergiat dan
memperdalam penyelidikan ilmu agama Islam untuk mendapatkan kemurniannya;
· memajukan dan
memperbarui pendidikan, pengajaran dan kebudayaan serta memperluas ilmu
pengetahuan menurut tuntunan Islam;
· menggiatkan dan
menggembirakan dakwah Islam serta amar ma’ruf nahi munkar;
· mendirikan,
menggembirakan dan memelihara tempat ibadah dan wakaf;
· membimbing kaum
wanita ke arah kesadaran beragama dan berorganisasi;
· membimbing para pemuda
agar menjadi orang Islam berarti;
· membimbing ke arah
kehidupan dan penghidupan sesuai dengan ajaran Islam;
· menggerakkan dan
menumbuhkan rasa tolong menolong dalam kebajikan takwa;
· menanam kesadaran agar
tuntunan dan peraturan Islam berlaku dalam masyarakat
5. tujuannya didirikan serikat dagang islam adalah;
a. MamajukanPerdagangan,Pendidikan dan
Kesejahteraan.
b. Mengusahakan hidup menurut perintah Agama
Islam
c. Mempertebal rasa persaudaraan
dikalangan anggota
d. bekerja sama dengan
perkumpulan-perkumpulan Islam yang sepaham
32. ISTRI-ISTRI RASULULLAH
1. Coba kemukakan alas an rasulullah dalam
berpoligami?
Jawabannya:
v Agar mereka masuk islam
v Agar para istrinya menerangkan permasalahan beliau kepada orang
lain
v Karena Rasulullah SAW ingin melindungi dan mengurangi beban para
istrinya
v Karena Rasulullah ingin menghibur para istri istri sahabatnya yang
ditinggal mati oleh suami mereka.
2. Siapakah nama istri Rasulullah SAW dan
bagaimanakah latarbelakangnya?
Jawabannya: Nama istrinya serta latarbelakangnya yaitu Khadijah binti
khuwalid, latar belakangnya berasal dari lingkungan keluarga suku Quraisy yang
terhormat. Lahir 15 tahun sebelum tahun gajah. Ia menikah pertama kali dengan
Abu Halah Al-Tamimi, pedagang kaya, kemudian wafat dengan meninggalkan warisan
cukup banyak. Kemudian ia menikah lagi dengan Atik bi Aiz suami keduanya ini
juga wafat dengan meninggalkan harta yang banyak, sehingga khadijah menjadi
orang yang terkaya dan terpandang dikalangan suku Quraisy.
3. Apa yang melatarbelakangi rasulullah
menikah dengan mayoritas janda?
Jawabannya: Rasulullah menikahi wanita yang mayoritas janda untuk
menangkat martabat wanita, dan menjaga kehormatannya.
4. Tuliskan nama-nama istrinya Rasulullah
SAW?
Jawabannya: nama-namanya adalah Siapakah nama-nama istri Rasullullah?
Nama-nama istri rasulullah adalah: 1. Khadijah binti Khawalid, 2. Saudah binti
Juma’ah Ra, 3. Aisyah Binti Abu Bakar, 4. Hafsah binti Umar bin Khattab, 5.
Zainab Binti Khuzaimah, 6. Ummu Salamah, 7. Zainab Binti Zahsy ra, 8.
Juwairiyah Binti Al-Harits ra 9. Ummu Habibah Ra, 10. Shofiyah Binti Huyay Al-
Ahkhob Ra, 11. Maimunah binti Al- Harits Ra.
5. Siapakah nama istri Rasulullah yang beliau
nikahi masih beliau?
Jawabannya:
Rasulullah menikahi wanita yang masih belia adalah Aisyah binti Abu Bakar.
33.Kerajaan-Kerajaan Besar Islam Di Nusantara
SOAL
1.
Tuliskan kerajaan-kerajaan di Indonesia yang bercorak islam?
2.
Jelaskan sejarah munculnya kerajaan samudra pasai?
3.
Jelaskan pengaruh yang terjadi dengan adanya kerajaan-kerajaan islam di
Indonesia?
4.
Tuliskan hasil karya sultan agung pada masa kerajaan mataram islam?
5.
Tuliskan raja-raja yang perna memerintah di samudra pasai?
JAWABAN
1.
Kerajaan islam di Indonesia:
a.
Kerajaan Samudra Pasai
b.
Kerajaan Aceh Kerajaan
c.
Demak Kerajaaan Mataram Islam
d.
Kerajaan Cirebon
e.
Kerajaan Banten
f.
Kerajaan Makassar
g.
Kerajaan Ternate dan Tidore
2. Kerajaan
Samudra Pasai terletak di sebelah utara Perlak di daerah Lhokseumawe (sekarang
pantai timur Aceh). Kerajaan Samudra Pasai merupakan kerajaan Islam pertama di
Nusantara dan berdiri pada abad ke- 13 M. Wilayahnya strategis karena menghadap
Selat Malaka. Awal berdirinya kerajaan Samudra Pasai diketahui dari batu
nisan makam raja Malik al-Saleh yang wafat tahun 1297 M. Diperkirakan bahwa
Sultan Malik al-Saleh (1290-1297) merupakan pendiri dan raja pertama kerajaan
Samudra Pasai. Setelah Malik al-Saleh wafat, kerajaan Samudra Pasai dilanjutkan
oleh Sultan Muhammad Malik al-Taher (1297 – 1326 M), Sultan Ahmad dan Sultan
Zainal Abidin. Menurut beberapa sumber sejarah, banyak pedagang
dari berbagai negara berlabuh di Pelabuhan Pasai
3.
Dengan adanya kerajaan-kerajaan yang timbul membuat masyarakat menjadi
terpecah belah, karena masing-masing dari kerajaan memiliki misi yang berbeda
untuk setiap kerajaannya,akan tetapi selain itu dengan adanya kerajaan ini mempermudah
pengembangan perdagangan.
4.
Adapun hasil karya sultan agung adalah:
a.
Tahun 1833 M, Sultan Agung menciptakan Tarikh Jawa Islam
yang dimulai 1 Muharam 1043 H.
b.
Mengarang buku ”sastra gending” yang berisi ajaran
filsafat mengenai kesucian jiwa.
c. Membuat buku undang-undang hukum pidana dan perdata yang diberi nama ”surya
alam”.
5. Raja-raja yang perna memerintah pada
masa samudra pasai adalah: a.
a. Sultan Malik Al-saleh berusaha
meletakkan dasar-dasar kekuasaan Islam dan berusaha mengembangkan kerajaannya
antara lain melalui perdagangan dan memperkuat angkatan perang. Samudra Pasai
berkembang menjadi negara maritim yang kuat di Selat Malaka
b. .Sultan Muhammad (Sultan Malik al Tahir(
I) yang memerintah sejak 1297-1326. Pada masa pemerintahannya Kerajaan Perlak
kemudian disatukan dengan Kerajaan Samudra Pasai.
c. Sultan Malik al Tahir II
(1326– 1348 M). Raja yang bernama asli Ahmad ini sangat teguh memegang ajaran
Islam dan aktif menyiarkan Islam ke negeri-negeri sekitarnya. Akibatnya,
Samudra Pasai berkembang sebagai pusat penyebaran Islam. Pada masa
pemerintahannya, Samudra Pasai memiliki armada laut yang kuat sehingga para
pedagang merasa aman singgah dan berdagang di sekitar Samudra Pasai.
34.HAJI WADA’
1. Apa itu haji wada’?
Haji wada’ dikenal juga dengan nama haji perpisahan.
2. Apa isi utama khutbah Rasulluah Saw. pada
haji wada’?
Pesan pokok dari Rasulluah Saw yaitu mendirikan dan memelihara shalat juga
berpedoman hidup pada Al-qur’an dan As-Sunnah. Dalam khutbahbya Rasulluah juga
menetapkan Mekkah dan Madinah sebagai tanah suci. Menurut beliau, dengan
sucinya tempat ini, maka orang-orang yang berada diwilayah ini harus senantiasa
dalam keadaan suci dari segala perbuatan.
3. Apa manfaat dari haji?
Manfaat yang tidak hanya terbatas pada manfaat keagamaan dan keimanan
tetapi juga manfaat keduniaan dan materi. dalam haji Allah membolehkan
jemaah haji dalam menggabungkan tujuan akhirat dan kepentingan duniawi.
makasih. bermanfaat banget
BalasHapusSyukron ya akhi.. Sangat membantu
BalasHapusini teplate nya dapet dari mana
BalasHapusTrimakasih bermanfaat
BalasHapusTerimakasih . sangat bermanfaat
BalasHapus