Stay in touch
Subscribe to our RSS!
Oh c'mon
Bookmark us!
Have a question?
Get an answer!

Laporan Observasi

0 komentar


LAPORAN OBSERVASI



Diajukan untuk Prasyarat Mengikuti Micro Teaching

Dosen Pembimbing: Hj. Indah Nursuprianah, M.Si



 KATA PENGANTAR

Syukur Alhamdulillah penulis ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa  yang telah memberikan rahmat serta hidayah-Nya  sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan observasi ini. Tugas ini disusun untuk diajukan sebagai  prasyarat mengikuti micro teaching dengan judul Proses Pembelajaran Matematika di SMP Negeri Cisaat Sumber Kabupaten Cirebon.
Dalam penyelesaian penulisan laporan ini, penulis banyak mendapat bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak, maka tidak berlebihan kiranya pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada ibu Indah Nursuprianah, M.Si selaku dosen pembimbing, kepala sekolah, majelis guru dan seluruh karyawan serta siswa-siswi SMP N Cisaat Sumber Kab. Cirebon, yang telah memberikan kesempatan kepada penulis sehingga terselenggaranya observasi ini.
Laporan observasi ini tak luput dari kekurangan sehingga saran dan kritik yang membangun sangat bermanfaat untuk penyempurnaan laporan ini. Demikianlah laporan observasi ini disusun semoga bermanfaat, agar dapat memenuhi tugas observasi ini dan melanjutkan ketahap Micro teaching. Sekian dan terimakasih.

                                                                                     Cirebon,  Desember 2012
                                               
                                               
                                                                                                       Penulis












DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR..........................
DAFTAR ISI .............................
BAB I PENDAHULUAN ......................
A.    Latar Belakang...................................
B.     Tujuan Observasi ............................
C.     Manfaat Observasi.....................................
D.    Pelaksanaan Observasi................................
BAB II GAMBARAN UMUM SMPN CISAAT SUMBER...........
A.    Profil Sekolah ............................................
B.     Visi dan Misi sekolah...................................
BAB III HASIL KEGIATAN OBSERVASI.......................
A.       Gambaran Objek Observasi..................................
B.       Kegiatan Pembelajaran Matematika Kelas VII....................
C.       Deskripsi Proses Pembelajaran Matematika Kelas VII..........
KESIMPULAN......


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Keberhasilan proses pembelajaran dapat ditentukan oleh efektif tidaknya strategi belajar mengajar yang digunakan guru dalam membelajarkan siswanya. Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar perlu didukung oleh metode pembelajaran yang pada hakikatnya merupakan penyalur pesan-pesan pembelajaran yang disampaikan oleh sumber pesan kepada penerima pesan. Metode pembelajaran dapat berfungsi untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dan dapat mengurangi kejenuhan para siswa, sehingga melalui metode pembelajaran guru dapat lebih mengefektifkan pencapaian tujuan pembelajaran.
Selain itu keberhasilan proses pembelajaran sangat ditentukan oleh rencana yang dibuat oleh guru. Oleh karena itu komponen-komponen dalam perencanaan pembelajaran harus dikembangkan dan disusun secara sistematis dan berkesinambungan sehingga semua komponen saling berinteraksi membentuk suatu kesatuan yang utuh.
Untuk dapat menguasai suatu pelajaran, seorang siswa harus memiliki motivasi yang tinggi untuk mempelajarinya. Dalam  hubungannya dengan hal tersebut, guru sangat berperan untuk menumbuhkan  motivasi belajar siswa dalam mempelajari semua mata pelajaran. Nah, kita Sebagai seorang guru matematika kelak nantinya, harus memahami teori-teori yang berkaitan dengan bagaimana para siswa belajar dan berpikir. Hal ini dikarenakan teori tersebut diharapkan dapat diaplikasikan di kelasnya masing-masing, sehingga pembelajaran di kelas akan menjadi lebih efisien dan efektif.
Seorang guru dapat saja belajar dari pengalamannya. Namun hal seperti itu akan membutuhkan waktu yang lama, sehingga tidak ada salahnya untuk mempelajarinya dari para ahli yang telah lama menjadi guru. Maka dari itu observasi ini dilakukan, agar kami para calon guru dapat  menjalankan tugas, fungsi dan tanggung jawab sebagai guru tersebut yang harus memiliki berbagai keterampilan yang dapat membantu dan menunjang pengabdian pada pekerjaannya yaitu sebagai pengajar, pelatih dan pendidik sehingga mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan efektif, efisien dan optimal. Maka dari itu penulis mengadakan Observasi di SMP Negeri Cisaat Sumber Kabupaten Cirebon.

B.     Tujuan Observasi
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka tujuan observasi ini adalah :
1.      Untuk mengetahui proses dan langkah-langkah kegiatan pembelajaran  matematika di kelas.

Untuk lebih lengkapnya silahkan unduh DI SINI

Semoga bermanfaat ^_^














 


Share/Bookmark

0 komentar:

Lee Jong Seok

Lee Jong Seok
Saranghae Emesayap.....^_^

Total Tayangan Halaman