Laporan Observasi
LAPORAN OBSERVASI
Diajukan untuk Prasyarat Mengikuti Micro Teaching
Dosen Pembimbing: Hj. Indah Nursuprianah, M.Si
KATA
PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah penulis ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat serta
hidayah-Nya sehingga penulis dapat
menyelesaikan laporan observasi ini. Tugas ini disusun untuk diajukan
sebagai prasyarat mengikuti micro teaching dengan judul “Proses
Pembelajaran Matematika di SMP Negeri Cisaat
Sumber Kabupaten Cirebon”.
Dalam penyelesaian penulisan laporan ini, penulis banyak mendapat
bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak, maka tidak berlebihan kiranya pada kesempatan
ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada ibu Indah Nursuprianah, M.Si selaku dosen pembimbing, kepala sekolah, majelis guru dan
seluruh karyawan serta siswa-siswi SMP N Cisaat Sumber Kab. Cirebon, yang telah memberikan kesempatan
kepada penulis sehingga terselenggaranya observasi ini.
Laporan observasi ini tak luput dari kekurangan sehingga saran dan
kritik yang membangun sangat bermanfaat untuk penyempurnaan laporan ini. Demikianlah laporan observasi ini disusun semoga bermanfaat, agar dapat memenuhi tugas observasi ini dan
melanjutkan ketahap Micro teaching.
Sekian dan terimakasih.
Cirebon,
Desember 2012
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR..........................
DAFTAR ISI .............................
BAB I PENDAHULUAN ......................
A. Latar Belakang...................................
B. Tujuan Observasi ............................
C. Manfaat Observasi.....................................
D. Pelaksanaan Observasi................................
BAB II GAMBARAN UMUM SMPN CISAAT SUMBER...........
A. Profil Sekolah ............................................
B. Visi dan Misi
sekolah...................................
BAB III HASIL KEGIATAN
OBSERVASI.......................
A.
Gambaran Objek Observasi..................................
B.
Kegiatan Pembelajaran Matematika Kelas VII....................
C.
Deskripsi Proses Pembelajaran Matematika Kelas VII..........
KESIMPULAN......
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Keberhasilan
proses pembelajaran dapat ditentukan oleh efektif tidaknya strategi belajar
mengajar yang digunakan guru dalam membelajarkan siswanya. Dalam pelaksanaan
proses belajar mengajar perlu didukung oleh metode pembelajaran yang pada
hakikatnya merupakan penyalur pesan-pesan pembelajaran yang disampaikan oleh
sumber pesan kepada penerima pesan. Metode pembelajaran dapat berfungsi untuk
meningkatkan kualitas proses belajar mengajar dan dapat mengurangi kejenuhan para
siswa, sehingga melalui metode pembelajaran guru dapat lebih mengefektifkan
pencapaian tujuan pembelajaran.
Selain
itu keberhasilan proses pembelajaran sangat ditentukan oleh rencana yang dibuat
oleh guru. Oleh karena itu komponen-komponen dalam perencanaan pembelajaran
harus dikembangkan dan disusun secara sistematis dan berkesinambungan sehingga
semua komponen saling berinteraksi membentuk suatu kesatuan yang utuh.
Untuk
dapat menguasai suatu pelajaran, seorang siswa harus memiliki motivasi yang
tinggi untuk mempelajarinya. Dalam hubungannya
dengan hal tersebut, guru sangat berperan untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam mempelajari semua
mata pelajaran. Nah, kita Sebagai
seorang guru matematika kelak nantinya, harus memahami teori-teori
yang berkaitan dengan bagaimana para siswa belajar dan berpikir. Hal ini dikarenakan teori
tersebut diharapkan dapat diaplikasikan di kelasnya masing-masing, sehingga
pembelajaran di kelas akan menjadi lebih efisien dan efektif.
Seorang
guru dapat saja belajar dari pengalamannya. Namun hal seperti itu akan
membutuhkan waktu yang lama, sehingga tidak ada salahnya untuk mempelajarinya
dari para ahli yang telah lama menjadi guru. Maka dari itu observasi ini
dilakukan, agar kami para calon guru dapat
menjalankan tugas, fungsi dan tanggung jawab sebagai guru tersebut yang
harus memiliki berbagai keterampilan yang dapat membantu dan menunjang
pengabdian pada pekerjaannya yaitu sebagai pengajar, pelatih dan pendidik
sehingga mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan efektif, efisien dan
optimal. Maka dari itu penulis mengadakan Observasi di SMP Negeri Cisaat Sumber
Kabupaten Cirebon.
B. Tujuan
Observasi
Berdasarkan latar belakang masalah
di atas, maka tujuan observasi ini adalah :
1. Untuk mengetahui proses dan
langkah-langkah kegiatan pembelajaran matematika
di kelas.
Untuk lebih lengkapnya silahkan unduh DI SINI
Semoga bermanfaat ^_^
0 komentar: