Stay in touch
Subscribe to our RSS!
Oh c'mon
Bookmark us!
Have a question?
Get an answer!

LEONHARD EULER 1707-1783

0 komentar

Akhirnya tugas bikin komik selesai juga....

Tugas ini dibuat untuk memenuhi tugas terstruktur sejarah matematika di IAIN Syekh Nurjati Cirebon di semester tujuh dengan dosen pengampu Ibu Indah Nursuprianah, M.Si. yang selalu memberi tugas di luar dugaan. Tapi kali ini bukan komiknya yang mau di paparkan di sini, hanya mengenai kehidupannya saja.

Euler lahir pada tanggal 15 April 1707 di Basel, Swiss. Ayahnya bernama Paul Euler, seorang pendeta dan Ibunya bernama Marguente Brucker, putri dari seorang pendeta. Tak lama setelah lahir, keluarganya pindah ke kota Riehen dimana dia menghabiskan masa kanak-kanaknya. Di kota Riehen, keluarga Euler bersahabat dengan keluarga bernoulli.

Awalnya  Euler disuruh oleh sang ayah jadi pendeta, karena dia berasal dari keluarga pendeta. Tapi, Bernoulli tercengang oleh kemampuan Euler kecil ini tentang hal-hal yang berbau matematika dan fisika. Sehingga Bernoulli berkata kepada Paul Euler supaya Leonhard Euler memilih sendiri jalan hidupnya.

 Tatkala umurnya baru mencapai tiga belas tahun, dia diterima masuk Universitas Basel pada tahun 1720. Mula-mula dia belajar teologi atas saran ayahnya, tetapi ia tidak menemukan rasa ketertarikan dengan teologi kemudian segera pindah ke mata pelajaran matematika karena dia memutuskan untuk menjadi matematikawan. Dalam mata pelajaran matematika tersebut, Euler sangat tertarik pada bidang kalkulus, rumus differensial, dan ketidakterbatasan suatu jumlah.

Pada tahun 1724, Euler memperoleh gelar sarjana dari Universitas Basel pada umur tujuh belas tahun dan tatkala umurnya baru dua puluh tahun dia terima undangan dari Catherine I dari Rusia untuk bergabung dalam Akademi Ilmu Pengetahuan di St. Petersburg di tahun 1727. Tepatnya tanggal 17 Mei 1727 Euler tiba di kota Rusia dan di akademi tersebut ia berada di departemen matematika. Tahun 1730, di umur dua puluh tiga tahun dia jadi guru besar fisika dan matematika di sana dan ketika umurnya dua puluh enam tahun dia menggantikan kursi ketua matematika yang tadinya diduduki oleh seorang matematikus masyhur Daniel Bernoulli, sahabatnya di tahun 1733. Pada tahun yang sama, Euler menikah  dengan Katharina.

Pada tahun 1735, ia mengalami gangguan penglihatan bagian mata kanannya, tapi Euler tidak menyalahkan kondisinya dikarenakan karya telaten pada kartografi yang ia lakukan untuk St Petersburg Academy. Dan dia tetap meneruskan kerja dengan kapasitas penuh. Pada tahun yang sama ia, membuktikan ekspansi deret pangkat untuk e dan tangen invers fungsi.

Pada tahun 1736, Euler memecahkan masalah yang dikenal sebagai Tujuh Jembatan Königsberg. Kota Königsberg , Prusia didirikan pada Pregel Sungai, dan termasuk dua pulau besar yang dihubungkan satu sama lain dan daratan oleh tujuh jembatan. Masalahnya adalah untuk memutuskan apakah mungkin untuk mengikuti jalan yang melintasi setiap jembatan tepat satu kali dan kembali ke titik awal. Hal ini tidak mungkin jika tidak ada sirkuit Euler . Solusi ini dianggap sebagai teorema pertama dari teori graph, khususnya dari planar graph teori.

Tahun 1741 Frederick Yang Agung dari Prusia membujuk Euler agar meninggalkan Rusia yang sedang mengalami pergolakan dan memintanya bergabung ke dalam Akademi Ilmu Pengetahuan di Berlin. Mulai tanggal 19 Juni 1741, dia tinggal di Berlin. Dia tinggal disana selama dua puluh lima tahun di mana ia menulis lebih dari 380 artikel dan ia menerbitkan dua karya yang paling terkenal yaitu: 

1.      Introductio di analysin infinitorum diterbitkan pada 1748

2.      Institutiones kalkuli differentialis diterbitkan pada tahun 1755 diterbitkan. Di tahun ini pula, ia terpilih sebagai anggota asing dari Royal Swedish Academy of Sciences .

Pada tahun 1766, Euler menerima undangan untuk kembali ke St Petersburg Academy  karena situasi di Rusia telah meningkat pesat sejak tahta Catherine yang Agung, dan menghabiskan sisa hidupnya di Rusia. Tapi Tak lama sesudah itu kedua matanya tak bisa melihat lagi bahkan hampir buta total beberapa minggu. Dalam keadaan tertimpa musibah macam ini, tidaklah menghentikan penyelidikannya.

Sayangnya, musibah kembali datang pada Euler, tahun 1771 rumahnya terbakar dan hampir mengambil nyawanya dan pada tahun 1773, ia kehilangan istrinya, Katharina. Tapi selang tiga tahun, Euler menikah dengan saudara tiri Katharina, Salome Abigail Gsell di tahun 1775, 

Pada tanggal 18 September 1783, setelah makan siang bersama keluarganya, ia berada Di St Petersburg berbincang dengan sesama akademisi, Anders Johan Lexell tentang ditemukannya Uranus dan orbit, Euler tiba-tiba mengalami pendarahan otak sekitar pukul lima sore hari dan meninggal beberapa jam kemudian sekitar pukul 11:00 di malam hari. Euler wafat di usia 76 tahun.

Euler dimakamkan di sebelah makam Katharina di Smolensk Lutheran Cemetery di Pulau Vasilievsky . Pada tahun 1785nya, Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia menempatkan patung marmer dari Leonhard Euler pada alas di sebelah kursi Direktur.

Kontribusi yang diberikan matematikawan Leonhard Euler selama masa hidupnya yang dipandang sebagai matematikawan terbesar di sepanjang masa bersama Archimedes, Gauss, dan Newton dan sebagai tokoh yang paling berpengaruh dalam sejarah matematika. Diantaranya adalah:

1.      Menemukan berbagai notasi matematika: memperkenalkan konsep fungsi cara menuliskannya sebagai  f(x) untuk menunjukkan fungsi f diterapkan pada argumen x,  ‘e’ sebagai dasar logaritma alami (the Euler Constant), huruf Yunani Σ “Sigma” untuk penjumlahan dan huruf ‘i’ untuk unit imajiner, serta simbol ‘π’ untuk rasio keliling lingkaran dengan diameternya dan masih banyak lagi.

2.      Memecahkan Tujuh Jembatan masalah Koenigsberg dalam teori graph, menemukan Kerakteristik Euler untuk menggabungkan jumlah simpul, sisi dan wajah objek, dan sebagainya. Euler juga menemukan rumus V - E + F = 2 terkait jumlah simpul, tepi, dan wajah dari cembung polyhedron dan karenanya dari grafik planar

3.      Ia juga memecahkan banyak teori matematika ilmuan lain.

4.      Mengembangkan kalkulus, topologi, teori bilangan, analisis dari teori graph

5.      keseimbangan Euler-Lagrange (variasi kalkulus, mekanika).

6.      Formula Euler- Fourier (rangkaian trigonometris).

7.      Formula Euler (variabel kompleks), menunjukkan adanya hubungan antara fungsi trigonometrik dan jumlah imaginer, dan dapat digunakan menemukan logaritma tentang jumlah negatif.

8.      Euler menulis sebuah textbook tentang geometri analitis dan membuat sumbangan penting dalam bidang geometri diferensial dan geometri biasa.

9.      Euler menganalisa matematika tentang permasalahan astronomi, khusus menyangkut soal “tiga-badan” yang berkaitan dengan masalah bagaimana matahari, bumi, dan bulan bergerak di bawah gaya berat mereka masing-masing yang sama.

10.  Sudut Euler (gerak benda keras)

11.  Kemantapan Euler (deret tak terbatas);

12.  Keseimbangan Euler (hydrodinamika);

13.  Keseimbangan gerak Euler (dinamika benda keras)

14.  Penjumlahan Euler (rentetan tak ada batasnya),

15.   Curve polygonal Eurel (keseimbangan diferensial);

16.  Pendapat Euler tentang keragaman fungsi (keseimbangan diferensial sebagian);

17.  Transformasi Euler (rentetan tak terbatas);

18.  Hukum Bernoulli-Euler (teori elastisitis);

19.   Formula Euler-Maclaurin (metode penjumlahan)

20.  Euler juga menduga hukum timbal balik kuadrat . Konsep ini dianggap sebagai teorema dasar teori bilangan

21.  Diagram Venn

22.  Dia juga dikreditkan dengan menggunakan kurva tertutup untuk menggambarkan silogisme penalaran (1768). Diagram ini telah menjadi dikenal sebagai diagram Euler

23.  Euler menciptakan teori hypergeometric seri , q-seri , fungsi trigonometri hiperbolik dan analisis teori terus pecahan

24.  Dan sebagainya yang telah disumbangkannya bagi dunia pendidikan sampai sekarang ini


Share/Bookmark

0 komentar:

Lee Jong Seok

Lee Jong Seok
Saranghae Emesayap.....^_^

Total Tayangan Halaman